Budayanusantara.web.id

Alat Musik Tradisional dari Aceh

Budayanusantara.web.id

Indonesia menjadi salah sat negara yang kaya akan budaya dan juga terdiri dari berbagai suku dan bahasa. Aceh menjadi salah satu provinsi yang terletak di ujung Indonesia sebelah utara. Selain memiliki kekayaan minyak bumi serta gas alam, Aceh juga memiliki potensi lain. Jika dilihat dari dunia musik, Aceh memiliki beberapa alat musik yang biasa digunakan untuk berbagai acara di daerah acah. Tidak sedikit juga yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Jenis Alat Musik Tradisional dari Aceh

Berikut ini merupakan beberapa alat musik tradisional dari Aceh yang dapat Anda pelajari:

  • Arbab

Alat yang satu ini merupakan salah satu peralatan musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek. Biasanya alat yang satu ini digunakan dalam beberapa pertunjukan hiburan seperti untuk pasar malam, pawai, atau yang lainnya. Arbab terdapat dua bagian, yaitu bagian arbab itu sendiri serta penggeseknya. Lagu yang biasa dibawakan adalah lagu yang bersyair pendek dan biasanya diselingi dengan humor.

  • Geundrang

Alat yang menyerupai gendang ini merupakan salah satu peralatan musik khas Aceh. Cara memainkannya adalah dengan memukul pada bagian yang bergetar dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan kayu pemukul yang khusus. Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur nada dalam sebuah pertunjukan.

  • Rapai

Rapai merupakan salah satu instrumen musik yang dibuat dari kayu serta kulit hewan ternak seperti kerbau. Instrumen yang satu ini berasal dari Irak dan dibawa masuk ke Indonesia oleh penyair agama Islam, Syeh Rapi. Rapai dimainkan oleh 8-12 orang (setiap orang memegang instrumen rapai sendiri-sendiri). Pada dasarnya, rapai bisa dimainkan sendiri, akan tetapi akan jauh lebih baik jika dimainkan secara bersamaan. Rapai digunakan untuk mengatur tempo bersama dengan serune kalee. Jika dilihat sekilas, rapai mirip dengan rebana (salah satu instrumen musik yang dimainkan dengan cara dipukul).

Demikian merupakan beberapa instrumen musik yang berasal dari Aceh. Untuk Anda yang mencari informasi lain mengenai instrumen musik, maka Anda dapat mengunjungi Alatmusik.org.

Related posts: