image_20180513_120656_6

Bahan-Bahan Untuk Membuat Tas

image_20180513_120656_6

Tas adalah benda yang dibuat manusia sudah sejak dari ribuan tahun yang lalu. Menengok ke belakang, pasca sejarah awal mula tas dibuat, kayu dan kulit hewan dijadikan sebagai bahan untuk membuatnya. Seiring dengan berjalannya waktu, tas kertas mulai diproduksi untuk membawa teh dan bungkus roti. Kemudian terus berlanjut hingga pembuatan tas dari plastik yang kemudian menjadi kantong plastik. Sejak dari awal tas dibuat, bahan yang digunakan untuk membuatnya sudah sangat berbeda. Meskipun terdapat bahan yang sama pula.

Jenis-Jenis Bahan Pembuat Tas

Berbeda bahan yang digunakan, berbeda pula harga, kualitas, keawetan dan penampilan tas setelah jadi. Namun hal tersebut tak jadi masalah karena memang setiap proses pembuatan benda memiliki fungsi dan kualitas yang berbeda. Beberapa jenis bahan untuk membuat tas akan dijelaskan secara singkat pada ulasan di bawah.

  1. Kulit asli

Bahan membuat tas yang sudah sejak dulu digunakan adalah kulit hewan asli. Kulit hewan yang digunakan untuk membuat tas biasanya berasal dari domba, kambing, sapi. Untuk tas dengan merek dan kualitas sangat bagus bahkan menggunakan kulit hewan liar untuk membuatnya. Contoh hewan liar yang sering dimanfaatkan untuk membuat kulit adalah ular, dan buaya. Bahan kulit memiliki ketahanan yang sangat awet serta tekstur yang lembut dan halus namun tetap kuat.

  1. Polyester

Bahan polyester memiliki karakteristik tahan air, tebal, kaku, tidak mudah melar dan kusut. Bahan yang satu ini sering digunakan untuk membuat berbagai tas seperti tas ransel, tas laptop, tas jinjing dan tas traveller. Bahannya yang kaku, tebal dan tahan terhadap air membuat bahan yang satu ini digunakan untuk membuat tas ransel.

  1. Satin

Kain satin yang terkenal akan kehalusan dan kelembutannya ternyata tidak hanya digunakan untuk membuat pakaian. Kain satin juga digunakan untuk melapisi bagian luar atau bahkan bagian dalam tas. Banyak tas branded seperti yang dijual di Tasbrandedshop.com yang menggunakan bahan satin sebagai pelapisnya. Bagian dalam tas yang menggunakan bahan satin tentu akan sangat halus dan lembut. Bagian luar tas yang dilapisi kain satin juga akan tampak lebih cantik dan halus ketika dipegang.

Related posts: