bgvn8cbdvaw9jvmjtx1r

Benarkah Kecanduan Gadget Merupakan Gangguan Mental?

bgvn8cbdvaw9jvmjtx1r

Berita teknologi terbaru mengungkapkan bahwa adanya masalah kecanduan gadget saat ini telah di tetapkan menjadi sebuah gangguan mental yang harus di tangani dengan serius. Banyak sekali kejadian di mana ada kasus kecanduan gadget yang umumnya di alami oleh usia anak-anak. Lalu bagaimana dan mengapa ini terjadi pada mereka?

Kecanduan gadget mayoritas terjadi pada anak-anak karena usia anak-anak memang paling rentan dan rawan untuk mengalaminya. Usia mereka yang masih belum menyadari akan tanggung jawab dan manajemen waktu membuat peluang untuk terjadinya kecanduan gadget pun terbuka lebar. Hal ini tentunya harus mendapatkan perhatian yang serius yang mana justru orang tualah yang memberikan gadget pada anak agar mereka tak mengganggu aktivitas orang tua.

Beberapa Cara Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak-anak

Dalam berita teknologi terbaru umumnya anak-anak yang mengalami kecanduan gadget akan lebih sering marah atau mengamuk jika keinginan mereka untuk bermain gadget di hentikan walau hanya sebentar saja. Maka dari itu hal ini perlu peran penting dari para orang tua untuk menyadari kasus tersebut lebih dini agar segera bisa di atasi.

  • Pakai aturan

Beberapa orang tua yang memiliki prinsip tersendiri memilih untuk tidak memberikan gadget pada anak dengan konsekuensi mereka di sibukkan dengan hal lainnya. Seperti boleh pakai gadget orang tua hanya beberapa jam, atau mengganti keberadaan gadget dengan hal lainnya yang lebih bermanfaat namun anak menyukainya.

  • Fitur family link

Google sendiri sudah menyediakan fitur atau layanan family link yang bertujuan agar supaya orang tua bisa mengontrol penggunaan gadget pada anak sehingga lebih terarah penggunaannya. Fitur ini memungkinkan untuk para orang tua melihat aktivitas gadget anak dari jauh serta menon aktifkan gadget mereka pada saat yang telah di tentukan.

  • Pembatasan penggunaan gadget

Google sendiri sudah mendapatkan banyak protes dari masyarakat terkait dengan banyaknya kasus kecanduan gadget yang ada saat ini. Meski hal itu sebenarnya menguntungkan mereka namun ternyata Google memiliki pertimbangan sendiri untuk mencoba mengatasi masalah tersebut dengan mengeluarkan pembatasan penggunaan internet khususnya situs Google. Tentu di harapkan hal ini bisa membantu meminimalkan kasus kecanduan gadget yang sudah dan belum terjadi.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa cara yang kini sedang banyak di lakukan dan di galakkan oleh masyarakat khususnya pihak yang terkait. Kasus kecanduan gadget pada awalnya memang tak di sadari keberadaannya maka hal itu benar-benar harus mendapatkan perhatian khusus dari mereka yang mengerti bagaimana cara mengatasinya dengan cepat dan tepat. Demikian sekilas informasi dari berita teknologi terbaru yang bisa Anda peroleh di www.bawel.id.

Related posts: