Cara Budidaya Jamur Tiram Di Rumah

admin   May 7, 2017   Comments Off on Cara Budidaya Jamur Tiram Di Rumah

Cara BudidayaCara budidaya jamur tiram semakin di minati seiring dengan semakin berminatnya masyarakat luas pada bisnis jamur tiram crispy yang kini banyak di sukai masyarakat kita. Bagi Anda yang menyukai jenis makanan yang satu itu, Anda tak perlu bersusah payah mencari penjual jamur tiram crispy karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat sendiri tentu akan lebih memuaskan ketimbang harus membeli yang akan menghabiskan uang dengan jumlah jamur tiram crispy yang terbatas pula. Dan lagi untuk membudidayakan jamur tiram tidak membutuhkan proses yang rumit dan panjang.

Beberapa Cara Budidaya Jamur Tiram Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Untuk Pemula

Masyarakat Indonesia memiliki minat yang sangat tinggi untuk mengonsumsi jamur membuat banyak petani jamur bersemangat untuk lebih banyak memproduksi jamur tiram hasil panen mereka. Bukan hanya bisnis penjualan kripik jamur tiram saja yang banyak di lirik masyarakat namun juga bisnis untuk menyediakan benih sekaligus melakukan cara budidaya pun juga semakin menjanjikan untuk di lakukan.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang harus Anda tempuh untuk bisa membudidayakan jamur tiram khususnya untuk Anda yang masih pemula.

  • Pemilihan bibit

Agar bisa mendapatkan kualitas jamur yang terbaik maka Anda harus bisa memilih jenis bibit yang berkualitas. Caranya cukup mudah, Anda bisa memilih jenis bibit dengan miselium yang berwarna putih dan tumbuh dengan merata. Selain itu Anda bisa membuat sendiri bibit yang akan Anda gunakan atau dengan membibitkan bibit murni sehingga bisa menghasilkan hasil bibit F1. Pilih bibit terbaik agar supaya miselium bisa tumbuh sesuai dengan yang di harapkan.

  • Media tanam

Untuk pembudidayaan jamur tiram Anda memerlukan media tanam berupa campuran dari serbuk kayu bekas gergaji sebanyak 80%, bekatul 10-15%, kapur CaCo3 3% dan air sebanyak kurang lebih 40-60%. Campurkan semua bahan tersebut dengan baik lalu tambahkan air sekitar 60% dari jumlah total bahan campuran tersebut. Media tanam yang terbaik bisa di uji dengan cara jika Anda menggenggamnya tidak mengeluarkan banyak air dan tidak pecah.

  • Proses penanaman

Dalam proses penanaman ada beberapa tahap yang harus Anda lalui agar supaya jamur tiram bisa tumbuh dengan maksimal. Di antaranya adalah proses fermentasi yang di lakukan dengan cara membiarkan tanaman selama kurang lebih 5-10 hari agar terjadi proses pelapukan material media tanam. Proses sterilisasi dengan mengukus baglog dalam drum besar. Inokulasi dengan mendiamkan jamur tiram selama 24 jam untuk kembalikan suhu normal dan inkubasi yang harus di lakukan agar supaya bibit yang sudah di inokulasi segera ditumbuhi miselium. Itulah beberapa langkah menanam jamur tiram dalam cara budidaya.

Related posts: