Cara Mengatasi Penyakit Psikosomatis

admin   January 21, 2017   Comments Off on Cara Mengatasi Penyakit Psikosomatis

psikosomatisAktivitas manusia yang berhubungan dengan kehidupan bersosialisasi dengan seseorang sudah pasti akan memiliki faktor dalam memicu permasalahan yang dapat membuat Anda terbebani dan bahkan akan menjadi stres. Hubungan sosial dengan orang lain yang tidak jarang menimbulkan permasalahan berupa persahabatan, pertemanan, percintaan, pekerjaan, relationship dan lain sebagainya. Contoh-contoh hubungan sosial tersebut apabila tidak dilakukan dengan cara yang sehat maka akan memicu timbulnya penyakit psikosomatis atau somatisasi. Somatisasi merupakan jenis penyakit yang menggunakan hubungan pikiran dalam perkembangan penyakit tersebut. Oleh karena itu apabila beban pikiran yang Anda miliki semakin berat maka akan memungkinkan kondisi psikis Anda pun akan terganggu akibatnya akan muncul keluhan-keluhan yang apabila dilakukan pemeriksaan pada dokter tidak memunculkan jenis penyakit yang umumnya terjadi akibat gejala-gejala tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Psikosomatis?

Somatisasi dapat timbul pada semua orang-orang tidak terkecuali pada anak-anak yang memiliki tekanan dalam hidupnya atau pun terlalu memendam perasaan yang mana akan memicu pemikiran-pemikiran yang akan menyebabkan stres di dalam dirinya. Untuk itu, bagi Anda sebaiknya mengatasi penyakit psikosomatis tersebut dengan cara yang benar sehingga kondisi psikis Anda tidak akan terlibat dalam penyakit yang dapat menyerang Anda. Cara mengatasi penyakit tersebut antara lain adalah berolahraga secara rutin dan teratur dalam rangka menyegarkan otak dan pikiran Anda, membuang jauh-jauh pikiran negatif Anda dan selalu berusaha untuk berpikiran positif, memiliki waktu istirahat yang cukup, melakukan diet dengan cara yang benar, belajar rileks, belajar membicarakan masalah yang tengah dihadapi dengan orang lain agar memiliki jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada dan masih banyak lagi cara yang dapat Anda lakukan.

Dengan melakukan cara-cara tersebut maka Anda akan memiliki resiko yang sangat kecil dalam mengidap penyakit psikosomatis tersebut. Apabila Anda telah terlanjur mengidap penyakit tersebut maka Anda pun dapat melakukan pengobatan dengan cara yang medis maupun dengan cara tradisional dengan catatan telah melakukan konsultasi pada seorang psikolog yang telah berpengalaman.

Related posts: