Cara Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan Gigi Dan Mulut

Anda suka ngemil tetapi kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan mulut? Ubah cara hidup Anda! Di dalam mulut, makanan pertama kali dicerna dan tidak menutup kemungkinan bahwasanya ada sisa-sisa makanan yang nantinya bisa menjadi bakteri yang bersarang di mulut Anda. Dan dengan demikian, mulut Anda akan bau, gigi Anda akan memiliki plak, lidah Anda akan putih, dan tentunya nafas Anda tidak akan segar. Menjaga kebersihan mulut dan gigi itu sangatlah penting. Perlu Anda ketahui bahwasanya 2 jam setelah Anda mengonsumsi makanan, maka sisa makanan yang ada di mulut Anda akan membentuk plak yang membuat gigi Anda menjadi kusam dan berwarna agak kuning. Ketika mulut Anda tidak segar dan tidak bersih pun maka Anda tidak akan bisa percaya diri ketika berbicara dengan teman Anda. Tidak hanya untuk Anda yang sudah dewasa, bahkan anak-anak harus diajari untuk membersihkan gigi dan mulut sejak dini, supaya ketika mereka dewasa, mereka akan melakukan rutinitas yang baik. Apalagi anak-anak sangat suka jajan seperti permen, cokelat, dan yang sejenisnya yang membuat gigi menjadi gigis.

Cara Praktis Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Lalu bagaimana cara supaya kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut Anda terjaga? Biasakan untuk menyikat gigi secara rutin, yakni minimal 3 kali sehari, yakni pagi hari, sore hari, dan malam menjalang tidur. Mulut merupakan tempat bersarangnya bakteri sisa-sisa berbagai macam makanan sehingga jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan gigi dan mulut. Cara menggosok giginya pun harus benar, yakni dengan arah vertikal untuk gigi seri dan gigi depan lainnya, serta memutar sikat membentuk bulatan untuk gigi geraham. Anda juga perlu membersihkan gigi bagian dalam sehingga tidak terbentuk karang gigi. Jika perlu Anda gunakan sikat yang sekaligus bisa untuk membersihkan lidah dan langit-langit mulut. Dengan menggosok gigi, maka akan membantu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, tetapi untuk menghilangkan bakteri di mulut dan gigi lebih efektif, maka gunakanlah obat kumur atau mouthwash sehari dua kali. Penggunaan mouthwash juga bisa membuat nafas Anda menjadi lebih segar. Jika gigi Anda mengalami masalah, maka segeralah untuk mengeceknya ke dokter gigi, sehingga bisa langsung diatasi.

Untuk membantu kesehatan gigi Anda, Anda bisa mengonsumsi susu yang tinggi akan kalsium. Dan perlu Anda ketahui, mulut Anda jangan terlalu lama dalam keadaan kosong, yakni dalam artian tidak mengunyah makanan, karena bakteri bisa menguasai mulut Anda. Untuk menyegarkan mulut Anda, Anda bisa memakan buah seperti strawberry atau buah lainnya untuk cuci mulut.

Related posts: