Cara Servis TV Untuk Monitor Mati

admin   February 20, 2017   Comments Off on Cara Servis TV Untuk Monitor Mati

Panduan teknisiSalah satu keluhan yang banyak diberikan oleh masyarakat pengguna televisi adalah monitor mereka yang mati total sehingga sama sekali tidak ada gambar yang ditampilkan pada layar. Kadang, monitor yang error ini akan menghasilkan short circuit dan memadamkan aliran PLN dalam satu rumah sehingga cukup mengganggu dan perlu diservis. Memang, sekarang ini karena perkembangan teknologi yang semakin canggih, beragam jenis layar digunakan untuk menghasilkan beragam kualitas gambar yang lebih baik tergantung harga yang diberikan produsen TV. Namun, dasar cara servis TV dengan keluhan monitor TV relatif sama untuk beragam jenis layar yang digunakan di pasaran.

Tips Cara Servis TV Untuk Monitor Mati

Pertama-tama, yang harus dilakukan sebagai cara servis TV dengan kondisi seperti ini adalah dengan membuka casing monitor secara keseluruhan. Kunci pada layar juga harus dibuka, biasanya menggunakan obeng sudah cukup membuatnya terbuka sempurna. Setelah itu, yang perlu dicek adalah tombol power supply. Bila kondisi komponen fuse mencurigakan, mencoba menggantinya dengan komponen yang baru tepat dilakukan. Jika fuse putus, artinya memang terjadi kerusakan di bagian power supplynya. Komponen elektronika di power supply yang membuat short adalah diode bridge sisir yang menyelaraskan arus AC menjadi DC pada sebuah unit. Mendeteksi bagian ini menggunakan multimeter merupakan hal yang umum dilakukan. Sebenarnya, komponen ini merupakan komponen awet yang jarang rusak, namun bisa saja menjadi pemicu short pada rangkaian unit.

Cara servis TV dengan keluhan seperti ini adalah dengan mengecek bagian yang paling sering rewel, yaitu switcher rangkaian yang biasanya bentuknya juga seperti sisir. Penggunaan multimeter untuk menyetel nilai hambatan menjadi hal yang mudah dilakukan untuk mendeteksi kecurigaan. Kaki pada sisir biasanya hilang karena patah atau leleh karena panas sehingga menyebabkan short. Mengganti komponen ini dengan yang baru tentu saja harus dilakukan agar monitor kembali bekerja normal. Pengecekan akhir untuk hal ini adalah dengan menyalakan monitor dengan listrik. Apabila sudah menyala, barulah pemasangan casing body monitor kembali dilakukan.

Related posts: