Cegah Gigi Berlubang Sejak Dini

admin   December 3, 2016   Comments Off on Cegah Gigi Berlubang Sejak Dini

tips kesehatanGigi berlubang merupakan masalah besar apabila terjadi. Memang terkadang terlihat sepele atau bahkan tidak penting bagi orang – orang yang tidak tahu. Bahkan sebagian kecil masyarakat, menganggap gigi berlubang tidak perlu dikhawatirkan karena terletak di bagian dalam mulut dan tidak terlihat. Namun, apakah kalian atau dampak yang terjadi apabila kalian membiarkan gigi berlubang tersebut dibiarkan berlubang? Tentunya, kalian sudah bisa menjawab. Gigi yang berlubang dapat menjadi sarang kuman dan bakteri, memang tidak terlihat. Tetapi mulut kita adalah sarang bakteri terbesar yang ada dalam tubuh kita. Mulut kitalah tempat masuknya bakteri dan kuman, baik dalam bentuk makanan maupun minuman.

Dengan begitu, membiarkan gigi kita berlubang berarti dengan tidak sengaja kita memberi rumah untuk bakteri dan kuman hidup di tubuh kita. Mungkin dampaknya tidak bisa kalian rasakan begitu saja. Tetapi, bagi kalian yang sudah merasakan sakit gigi akan tahu benar rasa sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang tersebut. Sakit yang ditimbulkan akan mengganggu aktivitas sehari-hari kita, bahkan mengurangi tingkat fokus kita. Karena otak kita akan memfokuskan merasakan sakit yang ditimbulkan.

Nah sudah tahu bukan bahaya dari gigi berlubang, memang sepele. Bahkan gigi berlubang bisa diatasi dengan dilakukan tindakan tambal gigi  tetapi kalau gigi berlubang yang sudah parah dan menimbulkan rasa nyeri (sakit gigi) yang sangat parah, makan dokter gigi akan mengambil tindakan untuk mencabut gigi Anda. Sebelum gigi kalian berlubang, alangkah baiknya jika Anda mencegah hal tersebut terjadi. Sangat mudah dan sangat simpel juga untuk kalian lakukan. Berikut 2 cara mencegah gigi berlubang :

  1. Sikat gigi setiap hari

Pasti kalian sering sikat gigi ya. Lakukan sikat gigi setiap 2 kali sehari yaitu siang dan malam. Sebelum Anda tidur (malam) sangat penting sekali jika Anda membersihkan mulut Anda. Karena pada malam hari semua bakteri, hormon dan sistem imun kita bekerja. Jadi, buatlah suasana mulut Anda bersih dengan sikat gigi.

  1. Periksa ke dokter gigi

Kalo yang ini tidak perlu rutin setiap hari, kalian cukup 6 bulan sekali kontrol gigi ke dokter gigi. Tujuannya, agar Anda tahu seberapa besar perkembangan kebersihan gigi dan mulut Anda.

Ayo, mulai sekarang jaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Jangan biarkan gigi Anda berlubang dan menjadi sarang bakteri dan kuman. Cegahlah hal tersebut sebelum terjadi karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Related posts: