Fungsi Dan Falsafah Bentuk Kubah Masjid

admin   June 13, 2017   Comments Off on Fungsi Dan Falsafah Bentuk Kubah Masjid

kubah masjidKubah masjid merupakan komponen dan unsur arsitektur yang selalu ada dan terus mengalami perkembangan, baik perkembangan dalam bentuk maupun bangunannya. Kubah sebagai kebudayaan arsitektur Islam memiliki struktur berbentuk bulat sebagai atap masjid ataupun yang lainnya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Pada umumnya kubah seringkali diartikan sebagai bangunan yang berciri khas dengan tempat ibadah umat Islam atau dalam hal ini masjid. Masjid rata-rata mempunyai kubah karena memiliki fungsi dan falsafah dengan bentuknya yang seperti itu. Kita tahu bahwa setiap bangunan pasti memiliki fungsi dan nilai falsafahnya masing-masing.

Mengapa Kubah Masjid Demikian Memiliki Falsafah?

Hal tersebut bisa terjadi karena setiap bangunan dibangun dengan fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Tidak mungkin suatu bangunan itu dibangun kalau tidak memiliki fungsi yang baik. Sebagai komponen yang tidak dapat dipisahkan, kubah mempunyai 2 fungsi berdasarkan pemahaman tata letak dan ruang, yaitu sebagai penunjuk arah kiblat jika dilihat dari luar, dan menerangi ruang yang ada kalau dilihat dari dalam. Keadaan yang seperti itu akan membuat kesan indah yang dimiliki oleh kubah masjid. Sejatinya kubah dari masjid memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri untuk menggapai tujuan dibuatnya.

Selain itu, bentuknya yang mengembang di bagian tengah juga memberikan arti kalu kubah memiliki arti yang luas, bisa menjangkau banyak orang, serta terbuka. Kubah memberikan arti sebagai kebesaran Tuhan. Bentuknya yang lebar dan luas memberi artian bahwa agama Islam penyebarannya sangatlah luas, agama Islam adalah agama yang terbuka, serta agama yang mencintai kedamaian. Filosofi dan makna yang terkandung dalam kemegahan kubah inilah yang menjadikan umat Islam bangga dalam berhubungan kepada sesama manusia maupun hubungannya kepada Allah. Walaupun bentuk kubah ini terkadang memberikan inovasi tergantung zaman, namun ciri khas kubah ini tidak akan pernah diubah yang menandakan bahwa di manapun dan kapan pun kita berada kita harus tetap Istiqomah dalam beribadah. Jangan sampai zaman berkembang tapi iman kita malah mengalami kemunduran. Itulah arti fungsi dan falsafah kubah masjid.

Related posts: