Gunakan Analisis SWOT Untuk Usaha Anda

Analisis SWOT sangat dibutuhkan untuk menganalisa bagaimana kondisi usaha yang Anda jalankan. SWOT yang dimaksud di sini merupakan suatu singkatan yang berasal dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Anda harus mengetahui keempat hal tersebut dalam usaha Anda, karena ini penting untuk mengetahui peluang usaha Anda.

Analisis Swot Untuk Mendeteksi Peluang Usaha Anda

Melalui analisis SWOT, Anda akan berpikir lebih jauh apa yang dapat Anda tekankan untuk menjadi kekuatan usaha Anda. Selain itu juga kekurangan dalam usaha Anda yang harus diminimalisir untuk menghindari gulung tikar. Berikut penjelasan tentang analisis SWOT untuk usaha Anda.

  • Strength

Strength yang dimaksud di sini adalah kekuatan, di mana kekuatan ini berasal dari dalam usaha Anda sendiri. Hal apa saja yang menjadi kelebihan usaha Anda dibandingkan dengan usaha lain yang dapat memperkuat usaha Anda untuk bertahan dalam persaingan. Misalnya jika usaha Anda unggul karena inovasi yang belum ada, tekankan hal ini untuk dapat dikenal pasar secara lebih luas.

  • Weakness

Weakness yang dimaksud di sini adalah kelemahan, di mana kelemahan ini juga berasal dari dalam usaha Anda sendiri. Anda harus mengetahui kelemahan usaha Anda, karena jika Anda tidak meminimalisirnya, maka Anda akan kesulitan dalam menjalankannya. Misalnya kelemahan usaha Anda adalah bahan baku yang mahal, oleh karena itu Anda perlu mencari sumber bahan baku termurah atau menginovasinya agar tidak mencekik harga pasaran usaha Anda.

  • Opportunity

Opportunity yang dimaksud di sini adalah peluang, di mana peluang ini berasal dari lingkungan Anda. Anda harus dapat mencari peluang untuk menunjang berkembangnya usaha menjadi lebih luas dan untuk mencapai kesuksesan usaha Anda. Misalnya jika usaha Anda memiliki segmen anak muda, maka cobalah untuk mendekati area kampus maupun sekolah.

  • Threats

Threats yang dimaksud di sini adalah ancaman, di mana ancaman ini berasal dari lingkungan Anda. Ancaman di sini dapat menghambat keberhasilan usaha Anda apabila tidak segera diatasi sedini mungkin. Misalnya pesaing Anda memberikan inovasi yang dapat mematikan barang yang Anda jual.

Setelah Anda mengetahui analisis SWOT untuk usaha Anda, alangkah baiknya Anda memaksimalkan kekuatan dan peluang dalam usaha Anda. Kemudian, meminimalisir kelemahan dan ancaman dengan mengatasinya sebelum menghambat usaha Anda.

Related posts: