olahraga1

Jaga Stamina Anda Saat Puasa

olahraga1

Untuk Anda umat muslim dimana pun berada, Anda akan melewati satu bulan yang diwajibkan untuk berpuasa dalam satu tahun. Puasa untuk menahan konsumsi makan atau minum dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari dan juga puasa menahan hawa nafsu serta emosi. Tentunya hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk Anda yang bekerja pada siang hari.

Terkadang tidak sedikit dari Anda yang merasa lemas maupun tidak bersemangat menjalankan kegiatan sehari-hari karena lapar dan haus. Pastinya hal ini tidak baik untuk kelancaran kerja Anda, dan ini tidak baik. Oleh karena itu jangan sepelekan menjaga stamina Anda pada bulan puasa. Tidak makan atau minum selama bekerja bukanlah alasan untuk Anda membatasi totalitas, Anda masih bisa melakukan pekerjaan secara maksimal dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Puasa Bukanlah Halangan

Berikut ada beberapa tips mudah untuk Anda menjaga stamina saat melakukan puasa selama satu bulan penuh.

  1. Konsumsi Air Putih

Dalam bulan puasa sudah pasti kebutuhan air pada tubuh berkurang. Anda bisa mengantisipasinya dengan cara perbanyak minum air putih saat waktu berbuka dan sahur. Paling tidak 2 gelas saat buka puasa, 1 gelas sebelum tarawih, 1 gelas setelah tarawih, 2 gelas setelah makan berat, dan 2 gelas saat sahur.

  1. Tidak Makan Berat Saat Berbuka

Hal ini adalah salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan saat berbuka puasa. Jangan langsung makan besar saat adzhan berkumandang, lebih baik diisi dengan air putih dan kurma. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang tidak diisi satu hari penuh tidak akan mampu untuk menampung makanan dalam jumlah banyak pada saat berbuka puasa. Berilah tahapan untuk lambung beradaptasi.

  1. Jangan Tidur Setelah Sahur

Jika Anda memiliki kebiasaan ini, lebih baik jangan dilakukan lagi. Karena bisa mengganggu proses metabolisme dalam tubuh, lebih tepatnya setelah makan sahur tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut. Jika Anda merasakan mual, kembung, atau sakit perut, metabolisme Anda sedang terganggu dan itu tidak baik untuk tubuh Anda.

Related posts: