Katakan Tidak Pada Influenza

Musim hujan dan musim kemarau adalah dua musim yang hanya dimiliki Indonesia. Menurut teori, kedua musim ini memiliki periode masing-masing yaitu musim hujan pada bulan Oktober hingga Maret dan musim kemarau pada bulan April sampai September. Namun, perubahan musim di Indonesia kini sudah tidak sesuai persis dengan teori. Terkadang hujan hanya satu bulan, kemudian cuaca terik pada hari-hari berikutnya. Hal ini menyebabkan berbagai bakteri, virus, maupun jamur penyebab penyakit mudah berkembang biak.

Menghindari Penyakit Influenza

Perubahan musim yang tidak menentu, membuat kekebalan tubuh kita menurun dan mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering kita alami adalah influenza. Penyakit ini mungkin bukanlah penyakit yang ganas. Namun, tidak jarang penyakit ini sangat mengganggu aktivitas, karena influenza dapat menyerang tubuh Anda selama tujuh hingga sepuluh hari. Tanda dan gejalanya diantaranya adalah demam, pusing, batuk, dan pilek. Mungkin bagian yang paling membuat Anda tidak nyaman adalah pilek, yaitu dimana lendir keluar dari hidung dalam jumlah yang banyak. Untuk selalu menjaga tubuh kita terhindar dari penyakit ini, Anda bisa melakukan hal berikut:

  1. Makan teratur

Dengan makan secara teratur, kebutuhan gizi tubuh akan terpenuhi. Tubuh juga tidak kekurangan energi untuk beraktivitas, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Konsumsi vitamin

Walaupun Anda merasa tubuh Anda baik-baik saja, Anda tetap perlu mengonsumsi vitamin. Karena vitamin membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, dimana fungsi vitamin salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Jika Anda adalah seseorang dengan aktivitas yang cukup padat, Anda tetap wajib meluangkan waktu untuk beristirahat. Istirahat akan membuat sel-sel tubuh beregenerasi menjadi sel baru. Sehingga, tubuh Anda akan kembali segar setelah lelah beraktivitas.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih sangat penting manfaatnya bagi tubuh. Dengan banyak minum air putih, akan memperlancar sirkulasi darah.

  1. Menggunakan masker

Jika Anda menjumpai teman kantor yang terkena influenza, Anda dapat menggunakan masker sebagai upaya mencegah tertular influenza.

Related posts: