Kenali, Dan Gali Potensi Untuk Berwirausaha

Istilah kewirausahaan tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi ditambah dengan berbagai kisah pengusaha hebat yang justru mencapai kesuksesan di bidang kewirausahaan ini bahkan dengan umur yang relatif muda. Menurut Zimmerer kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas untuk memanfaatkan peluang usaha guna memperbaiki kualitas hidup. Lantas, bagaimana cara kita memulai berwirausaha? Ya, tentu dengan mengenali dan menggali potensi di sekitar kita agar dapat dijadikan peluang berwirausaha.

Cara Menggali Potensi Yang Ada Di Sekitar Kita

  • Identifikasi kebutuhan masyarakat sekitar

Untuk memulai suatu usaha biasanya timbul dari adanya kebutuhan masyarakat. Misalnya di Desa X mayoritas penduduknya adalah petani maka peluang usaha yang muncul yaitu mendirikan toko yang menyediakan kebutuhan petani seperti alat-alat pertanian, pupuk, benih, insektisida dan lain-lain.

  • Melihat sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan

Seorang usahawan harus pandai memanfaatkan peluang dari hal-hal yang tidak bernilai ekonomis diubah menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi. Contohnya pemanfaatan bonggol pisang sebagai keripik yang kaya serat. Selama ini, bonggol pisang tidak dimanfaatkan, akan tetapi seorang yang memiliki inovasi mampu mengubah bonggol pisang menjadi keripik beraneka rasa yang tentunya bergizi, enak, dan di gemari masyarakat.

  • Jangan takut memulai hal baru

Menjadi pengusaha yang sukses tentu membutuhkan proses yang panjang. Salah satu ciri dari usahawan yang sukses yaitu berani mengambil risiko. Mulailah dengan memperhatikan peluang usaha di sekitar kita, menganalisis sumber daya yang ada dan mulailah mencoba membuka usaha. Bukan tidak mungkin Anda akan dapat menjadi seorang pengusaha yang hebat nantinya.

  • Manfaatkan kearifan lokal

Setiap daerah tentu memiliki kearifan lokal masing-masing yang dapat menjadi ciri khas daerah itu sendiri. Misalnya getuk goreng dari Sokaraja, wingko dari Semarang, Sate Ambal dari Kebumen dan masih banyak lagi. Nah, manfaatkan ciri khas dari daerah tersebut untuk membuka usaha di searah pariwisata atau di luar daerah yang belum terdapat produk seperti di daerah kita.

Jadi masih takut untuk berwirausaha? Banyak wirausahawan yang merintis usahanya dari nol mulai dari memperhatikan hal-hal kecil di lingkungan sekitarnya yang justru membawanya ke puncak kesuksesan. Yuk, mulai berwirausaha.

Related posts: