Kenali Masalah Sulit Tidur Anda Yang Sebenarnya

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang diakibatkan oleh beberapa hal. Sebenarnya, jika Anda baru sekali mengalami gangguan tidur di malam hari bukan berarti Anda memiliki insomnia. Penyakit ini tidak sesederhana itu. Ada beberapa hal yang membedakan antara insomnia dan sulit tidur. Insomnia memiliki kadar yang lebih parah dari sulit tidur. Biasanya insomnia diakibatkan dari adanya depresi berat atau gangguan secara mental lainnya. Namun, jika sulit tidur hanyalah sekedar tidak bisa memejamkan mata pada jam tidur pada umumnya. Biasanya penyebabnya adalah kondisi kamar yang terlalu panas, dingin, berisik, ataupun terang. Selain itu, sulit tidur juga diakibatkan dari adanya gaya hidup yang pasif dan adanya perubahan ritme jam kerja. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus mencoba untuk mengusir kesulitan untuk tidur.

Langkah Mudah Mengatasi Sulit Tidur

Jika Anda mengalami keluhan sulit tidur yang berkelanjutan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka ada baiknya untuk segera mengonsultasikan diri ke dokter. Jangan pernah mencoba untuk mengira-ngira atau bahkan mendiagnosis sendiri tentang gangguan yang Anda miliki. Setelah itu, barulah Anda boleh melakukan beberapa tindakan ketika Anda sudah mengantungi alasan tersebut. Apakah Anda terkena insomnia atau hanya sekedar sulit tidur? Jika Anda memiliki masalah sulit tidur, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Cobalah untuk tidur secara teratur dengan mengatur jam tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini membantu tubuh Anda untuk terlatih secara natural kapan harus beristirahat dan kapan harus terbangun dengan nyaman. Selain itu, cobalah hindari tidur siang lebih dari 20 menit karena akan sangat mengganggu siklus tidur di malam hari Anda.
  • Upayakan untuk membuat suasana kamar tidur senyaman mungkin. Anda bisa mengatur sendiri suhu dan keterangan dari kamar tidur yang Anda miliki. Hindari penggunaan pendingin ruangan yang terlalu berlebihan atau bahkan ruangan yang terlalu pengap. Selain itu, pastikan Anda mematikan lampu saat tidur. Selain itu, cobalah untuk menghindari gadget sebelum tidur.

Related posts: