131539190835314769-coworkinginthecloud_dedicate_private_desk

Kendala Ketika Akan Memulai Usaha

131539190835314769-coworkinginthecloud_dedicate_private_desk

Memulai usaha sendiri dengan mendirikan perusahaan atau bisnis sendiri banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini untuk memulai karier mereka. Banyak orang yang bercita-cita dapat sukses memiliki bisnis sendiri di usia muda karena memang peluang bisnis di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Namun, banyak hal dalam proses pendirian PT yang sulit untuk dipenuhi sehingga bisnis tidak lekas dibangun. Melakukan bisnis sendiri memang bukan perkara yang mudah. Pelaku bisnis harus dapat memikirkan rencana jangka pendek dan jangka panjang serta hal lainnya menyangkut bisnis sejak awal mula bisnis tersebut akan dibuat.

Kendala-Kendala Dalam Membangun Bisnis

Ada banyak kendala yang akan kita temui ketika kita akan memulai proses pendirian PT atau perusahaan karena memang ada banyak hal yang harus kita persiapkan. Terlebih jika jenis usaha kita berbentuk Persero Terbatas atau PT, dan Koperasi. Kedua jenis usaha tersebut termasuk badan hukum sehingga membutuhkan izin usaha untuk dapat memulainya. Beberapa kendala lain dalam membangun bisnis akan dijelaskan secara singkat di bawah ini.

  1. Izin usaha

Kendala pertama yang sering kali dialami oleh pelaku bisnis baru yang akan mendirikan perusahaan adalah izin usaha. Tak sedikit pula pebisnis yang kurang paham dengan proses perizinan usaha. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis izin usaha berbeda yang ada. Ketidakpahaman pelaku bisnis terhadap perizinan usaha terkadang membuat mereka melakukan perizinan pada usaha berbeda seperti yang akan mereka jalankan.

  1. Modal

Modal merupakan kendala usaha yang paling umum dialami oleh pelaku usaha baru yang akan memulai usaha mereka. ketiadaan modal biasanya sangat menghambat ide-ide kreatif calon pebisnis yang akan memulai usaha mereka. Jalan keluar terakhir untuk tetap dapat mendirikan usaha yang diambil oleh pebisnis biasanya adalah melakukan pinjaman ke bank.

  1. Domisili usaha

Kendala selanjutnya yang sering terjadi adalah masalah domisili usaha. Pada proses pendirian PT, domisili usaha akan ditanyakan dan dipastikan tidak berada di tengah pemukiman penduduk. Di kota besar seperti Jakarta, tersedia sendiri wilayah yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis. Sehingga jika usaha dilakukan di luar wilayah usaha, perizinan usaha tidak akan disetujui.

Related posts: