image_20180228_170941

Kiat Perawatan Alat Memadamkan Api Yang Mudah

image_20180228_170941

Alat pemadam kebakaran yang ringan itu memang sangat dibutuhkan sekarang ini. Pasalnya di setiap tempat memungkinkan terjadi kebakaran. Untuk itu Anda pun perlu berhati-hati dan mempersiapkan segala peralatan untuk membantu memadamkan api yang saat itu sedang menyebar. Untuk mendapatkan alat pemadam, sekarang mudah sekali. Di internet pun Anda bisa mendapatkan yang memang sesuai dengan kebutuhan. Setelah Anda mendapatkan alat pemadam yang paling tepat dan sesuai kebutuhan, sekarang saatnya Anda pelajari tentang bagaimana cara untuk merawatnya.

Alat Pemadam Kebakaran Dengan Perawatan Yang Sederhana

Siapa pun yang sudah memiliki alat pemadam kebakaran maka sekarang harus mengetahui bagaimana cara untuk merawatnya. Jika alat pemadam tidak dirawat, tentu saja akan mengalami kerusakan meskipun jarang digunakan. Untuk itu agar tidak mudah rusak, Anda perlu lakukan tips perawatan seperti berikut ini.

  • Simpanlah alat pemadam di tempat yang paling tepat. Alat pemadam tidak boleh disimpan pada sebuah ruangan yang terkena sinar matahari. Jika itu terjadi maka akan menimbulkan bahaya. Mulai sekarang simpanlah alat pemadam di ruangan yang adem dan terhindar dari terik matahari.
  • Lakukan pengecekan secara berkala terhadap tabung pemadam. Meski jarang digunakan namun bisa saja terjadi kebocoran. Untuk itu ceklah bagaimana jarum indikatornya, kemudian cek juga keadaan selangnya. Jika dari kedua hal tersebut tidak menunjukkan hal yang aneh, maka tabung pemadam pasti dalam keadaan yang aman.
  • Lakukan pengocokkan tabung pemadam 3hari sekali. Pengocokkan ini dilakukan agar mengetahui apakah ada yang aneh dalam tabung tersebut atau tidak. Kemudian Anda juga perlu melakukan pengecekan kadaluwarsanya. Jangan berpikir bahwa tabung pemadam tidak ada masa kadaluwarsanya. Di mana-mana, tabung pemadam pasti terdapat kadaluwarsanya, untuk itu Anda perlu mengeceknya sebelum memakai. Jika memang telah kadaluwarsa maka Anda harus segera menggantinya. Tidak mahal dalam pengisian ulangnya, kira-kira Anda hanya butuh uang sebanyak 40 ribu untuk satu kilogramnya.

Demikian perawatan yang paling mudah untuk alat pemadam kebakaran ringan. Jadi mulai sekarang bagi yang telah memilikinya di rumah, sudah bisa melakukan perawatannya sendiri dengan baik. Untuk yang menanyakan cara pemakaiannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melihat langkah pemakaian yang tersedia pada tabungnya atau kertas dalam kardus tabung.

Related posts: