Manfaat Dari Terong Ungu Bagi Kesehatan

admin   January 18, 2017   Comments Off on Manfaat Dari Terong Ungu Bagi Kesehatan

tips kesehatanTerong yang sering dijadikan pelengkap dalam memasak sayur ini ternyata memiliki begitu banyak manfaatnya. Dengan harga yang terjangkau dan banyak dijual dipasar maka dengan mudah kita akan mendapatkannya. Terong memiliki beragam varian ini diantaranya terong ungu, terong bulat, dan beberapa jenis lainnya. Pada umumnya kandungan gizi dalam terong juga cukup banyak seperti niacin, riboflavin, tiamin, folat, vitamin E dan K dan nasunin. Dengan kandungan yang demikian membuat terong menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun banyak varian dari terong namun saya akan membahas tentang terong ungu yang juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Terong ungu memiliki phycocyanian protein yang terdapat kulitnya yang bermanfaat untuk menstimulasi kerja sel pada sumsum tulang belakang yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah putih juga darah merah. Serta dapat mencegah dan melawan kanker, pendarahan wasir dan dengan sifat antioksidannya yang membuat terong dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Juga sebagai anti radang dan dapat melindungi sel otak.

Dengan kandungan antosianinnya maka senyawa flavonoid dapat melindungi sel dari ultraviolet dan dapat mencegah penyakit diabetes, kanker, jantung dan sebagainya. Kemudian kandungan vitaminnya yang terdiri dari A, C, D, E dan K serta B2 yang sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah sehingga akan terhindar dari anemia. Kandungan selenium yang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga ketika kita mengonsumsi terong ungu maka aktivitas antioksidan dapat menumbuhkan imun bagi tubuh serta regulasi tiroid sehingga kita akan terhindar dari penyakit gondok. Dan dapat mencegah tubuh terserang infeksi, mencegah infertilitas pada pria, juga dapat mencegah penyakit jantung coroner.

Dalam terong ungu juga terdapat ellagic acid yang merupakan komponen dari fenolik yang dapat mencegah penggumpalan darah, menghambat pertumbuhan tumor dan juga sel kanker serta dapat mencegah kerusakan gen. Kemudian senyawa salicylates yang dapat menurunkan resiko serangan jantung. Dan yang terakhir adalah senyawa resveratrol yang berfungsi untuk mencegah stroke, kanker dan juga bersifat anti radang dan meningkatkan stamina tubuh.

Related posts: