Manfaat Tersembunyi Bawang Putih

Bawang putih lebih dikenal sebagai salah satu bumbu alami penyedap rasa masakan. Bawang putih ini memiliki ciri khas berupa aroma yang kuat dan jika Anda mencoba memakannya mentah-mentah, maka rasanya getir. Dibalik ciri khas tersebut, Anda juga dapat menjumpai manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih dapat dikonsumsi baik secara langsung atau dengan mengekstraknya. Manfaat yang diberikan untuk Anda yang mengkonsumsi bawang putih yaitu:

  • Menurunkan Resiko Kanker dan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan resiko kanker dan kolesterol apabila Anda rutin mengonsumsinya baik dalam bentuk ekstrak, kapsul maupun yang masih mentah.

  • Mencegah dan Meredakan Flu

Manfaat bawang putih berikutnya adalah untuk mencegah dan meredakan flu. Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda tengah mengalami flu, buat saja seduhan bawang putih dengan cara merajangnya sampai halus lalu diseduh dengan air panas lalu diminum. Anda juga dapat mencampurkannya dengan jahe atau madu.

  • Pemurni Darah Alami

Jika Anda mengalami masalah wajah karena berjerawat, kini Anda tak perlu khawatir lagi. Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai obatnya. Caranya yaitu dengan meminum campuran 2 siung bawang putih dan air hangat setiap hari pada saat pagi, lalu pastikan Anda meminum air putih dalam jumlah banyak.

Bawang Putih Sebagai Obat Luar

  • Mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan kronis pada kulit yang ditandai dengan adanya bercak putih, perak ataupun merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh. Bawang putih mempunyai sifat anti inflamasi yang akan mengurangi kondisi ini. Cara pengobatannya dengan menggosokkan sedikit minyak bawang putih ke area yang sakit.

  • Mengobati Gatal Pada Kaki

Bawang putih memiliki kandungan berupa senyawa Alicin yang mampu membunuh jamur dan mikroba. Untuk mengobati gatal pada kaki cukup dengan merendam kaki pada bak air hangat yang dicampur rajangan bawang putih.

  • Mengobati Cold Sores

Cold Sores adalah lepuhan-lepuhan kecil menyakitkan yang timbul di sekitar mulut, muka ataupun hidung. Sifat anti-inflamasi pada bawang akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Manfaat bawang putih untuk mengobati sakit ini yaitu dengan cara mengompress bagian yang sakit dengan bwang putih yang telah dihancurkan.

 

Related posts: