140918541adb0a7a79ecvs-1-750x422

Mata Sehat Meski Di Depan Laptop Seharian

140918541adb0a7a79ecvs-1-750x422

Semakin berkembangnya teknologi yang ada sekarang, semakin tinggi pula intensitas ketergantungan kita terhadap penggunaannya. Teknologi yang hampir setiap hari tidak lepas dari kegiatan kita adalah smartphone atau laptop. Keduanya memiliki peran penting dalam membantu kegiatan kita sehari-harinya. Terkadang jika satu hari saja tidak menggunakan smartphone atau laptop akan terasa susah dan sepi.

Tetap Sehat Dan Produktif

Tentunya sudah menjadi pengetahuan umum jika Anda menggunakan laptop atau smartphone secara terus menerus selama 5 jam lebih itu tidak baik untuk kesehatan mata. Terlebih lagi jika pekerjaan Anda menuntut Anda menggunakan laptop selama seharian penuh. Itu jelas bisa merusak kesehatan mata. Meski begitu, sebenarnya Anda masih bisa mencegah kerusakan mata Anda dengan cara yang tepat. Jika Anda salah satu yang harus menggunakan laptop atau smartphone sepanjang hari, ikuti tips berikut agar mata tetap sehat dan produktivitas tetap berjalan.

Pertama, atur jarak layar laptop atau smartphone dengan mata Anda. Pertama jarak paling aman sekitar 50-70 cm dari mata Anda. Lalu sering-seringlah untuk membersihkan bercak kotoran yang menempel pada layar kaca, karena bercak kotoran tersebut dapat mengurangi kontras dan meningkatkan cahaya refleksi. Akan lebih baik lagi jika menggunakan filter cahaya pada layar Anda.

Kedua, sesuaikan lingkungan bekerja Anda dengan tepat. Caranya adalah dengan mengatur pencahayaan pada ruangan Anda bekerja, diusahakan pencahayaannya pas tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Selain itu juga hindarkan cahaya yang memantul dari layar, pantulan cahaya tersebut akan terasa sangat mengganggu nantinya. Sebagai tambahan, gunakanlah kursi yang dapat Anda atur tinggi pendeknya agar mata Anda tidak terpaku dengan posisi yang sama.

Ketiga, terapkan sistem kerja 20-20-20. Maksudnya apa? Yaitu, setiap 20 menit menggunakan laptop atau smartphone palingkan pandangan Anda dari layar ke objek lain yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari tempat Anda selama 20 detik. Hal ini akan mengurangi kerusakan pada mata Anda. Boleh juga untuk menambahkan note di samping layar, bertuliskan “jangan lupa kedip” untuk menjaga kelembapan mata.

Related posts: