Mengalami Kencing Batu? Berikut Solusinya

admin   September 15, 2017   Comments Off on Mengalami Kencing Batu? Berikut Solusinya

tips kesehatanPenyakit kencing batu ini sering disebut juga dengan batu ginjal. Ini adalah bentuk gangguan kesehatan yang umumya akan mengganggu saluran yang ada di kandung kemih. Ilmuwan menemukan berbagai macam bukti bahwa penyakit ini sudah muncul sejak 7000 tahun lalu. Batu ginjal ini akan terbentuk jika terjadi perubahan keseimbangan dalam garam, dan mineral. Selain itu mengonsumsi vitamin C dan juga vitamin D dengan dosis yang berlebihan pun bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Penyebab lainnya pun bisa dikarenakan pengonsumsian obat kanker. Obat-obatan kanker itu akan membentuk batu karena sifatnya dapat meningkatkan kadar asam urat.

Beberapa Pilihan Cara Mengatasi Kencing Batu

Untuk cara pertama dalam atasi kencing batu adalah, memperbanyak konsumsi air putih. Air putih itu merupakan diet yang terpenting dalam pencegahan terjadinya kencing batu. Para penderita kencing batu ini diharuskan membuang air kecil sebanyak 2,5 L dalam sehari. Untuk itu lah penderita harus memperbanyak konsumsi air putih. Cara kedua, dengan membatasi konsumsi kalsium. Jika memang Anda itu gemar minum susu setiap harinya, usahakan mulai sekarang jangan sampai mengonsumsinya berkali-kali dalam sehari. Pasalnya kandungan kalsium yang berlebihan dalam tubuh itu pun bisa menyebabkan hipercalciuria. Para penderita kencing batu tidak disarankan mendapatkan asupan kalsium lebih dari 800 mg per harinya.

Kemudian cara ketiga, dengan membatasi asupan oksalat. Oksalat ini jika dikonsumsi berlebihan akan membentuk Kristal-kristal yang sebabkan kencing batu. Untuk itu para penderitanya disarankan untuk mengurangi, bahkan menghindari makanan yang banyak terkandung oksalat. Beberapa jenis makanan yang ada kandungan oksalatnya adalah cokelat, gandum, kemudian bayam dan lain sebagainya. Cara keempat, batasi konsumsi protein nabati dan juga garam. Kedua makanan tersebut nantinya akan membuat kerja ginjal berat jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk itu setiap harinya, setidaknya Anda tidak boleh melebihi 3500 mg. Untuk cara terakhir, perbanyak lah serat yang tidak larut. Serat ini nantinya akan mengikat kalsium dalam usus, sehingga nantinya tidak akan dikeluarkan melalui organ ginjal.

Related posts: