36005-sendi-038-tulang-sehat-tubuh-aktif-bebas-bergerak-113455

Mengatasi Kerusakan Tulang Pada Lansia

36005-sendi-038-tulang-sehat-tubuh-aktif-bebas-bergerak-113455

Bagi orang yang sudah lanjut usia, masalah kesehatan tulang adalah hal yang sering terjadi. Kebanyakan kerusakan tulang yang terjadi adalah osteoporosis, atau tulang yang keropos. Dan perlu Anda ketahui bahwasanya tingkat kekuatan tulang lansia sangatlah rendah, sehingga kebanyakan dari mereka kurang bisa melakukan aktivitas secara bebas. Masalah tulang adalah kendala yang cukup berarti bagi mereka.

Bagaimana Mengatasi Masalah Tulang Lansia?

Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mendapatkan kekuatan tulang yang baik.

  • Olahraga

Olahraga adalah cara yang sangat bagus untuk melakukan perbaikan tulang pada lansia. Namun perlu Anda ketahui bahwasanya tidak semua olahraga bisa kuat dilakukan, karena daya tahan tubuh lansia sudah mulai melemah. Untuk itu, lansia bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi, senam lansia, maupun pemanasan atau stretching. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan lansia, karena tidak terlalu berat untuk dilakukan.

  • Konsumsi Susu Kalsium Tinggi

Bagi lansia, sebaiknya mengonsumsi susu yang mengandung kalsium tinggi. Hal ini dimaksudkan supaya tulang bisa kuat dan tidak mudah rapuh. Susu tinggi kalsium ini banyak dijumpai di berbagai toko atau minimarket. Jika mengonsumsi susu tinggi kalsium dengan rutin dan dengan diimbangi olahraga, maka kesehatan tulang dan gigi tentunya akan tetap terjaga.

  • Makan Makanan Yang Bergizi

Faktor makanan juga sangat mempengaruhi kesehatan tulang lansia. Dengan demikian, maka diharapkan lansia selalu mengonsumsi makanan yang mengandung gizi yang tinggi, sehingga kebutuhan nutrisi tubuh akan terpenuhi. Perlu Anda ketahui bahwasanya makanan untuk lansia berbeda dengan orang pada umumnya. Usahakan untuk lebih melunakkan makanan, sehingga lebih mudah untuk dicerna. Dengan demikian, maka proses penyerapan kalsium juga bisa lebih cepat.

Untuk menjaga kesehatan tulang lansia, maka beberapa tips di atas perlu dilakukan. Dan jika tulang bisa terjaga dengan sehat, maka menjalankan aktivitas apapun akan menjadi lancar tanpa gangguan. Bagi Anda yang mengalami gangguan tulang, maka Anda perlu segera melakukan tindakan. Jika sekiranya Anda tidak bisa mengatasi masalah dengan sendiri, maka Anda bisa melakukan control ke dokter tulang.

Related posts: