image_20180209_143101_4

Mengenal Istilah Dari Pengertian Bea Cukai

image_20180209_143101_4

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui sepenuhnya apa itu sebenarnya bea dan cukai. Terkadang tidak jarang orang belum paham sepenuhnya terkait dengan pengertian bea cukai. Padahal dilihat dari istilahnya memang bea dan cukai adalah dua pengertian yang berbeda. Memang benar, hal seperti ini perlu diketahui juga bagi masyarakat umum. Tidak ada salahnya kita juga belajar sedikit terkait dengan pengertian dari instansi pemerintahan tersebut. Walaupun banyak yang menyebut bea cukai itu sama sebenarnya arti yang sangat berbeda dengan pengertian yang berbeda pula. Untuk meluruskan beberapa pengertian dari bea dan cukai maka perlu diketahui secara singkat.

Bea Dan Cukai Memiliki Pengertian Yang Berbeda

Pengertian bea cukai sebenarnya dipisah menjadi dua bagian yaitu bea dan cukai. Adapun pengertian dari bea itu sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk pungutan atau pembayaran barang yang masuk ataupun keluar negeri. Melalui sebuah istilah ekspor impor setiap orang yang terlibat diwajibkan untuk melakukan pembayaran berdasarkan jenis barang dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya saja Anda membeli barang dari luar negeri, maka melalui bandara akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk ekspor sendiri sebenarnya ada beberapa yang kena dan ada yang tidak. Otomatis dengan diberlakukannya cara seperti ini barang yang dari luar negeri akan menjadi lebih mahal nilainya. Hal seperti ini juga ditujukan untuk mengurangi penjualan / import barang.

Tidak hanya itu saja, setiap bea yang masuk tentunya akan masuk ke kas negara. Jadi, secara tidak langsung kita membayar pajak atas setiap barang yang masuk dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan untuk pengertian cukai sendiri adalah pungutan dari barang-barang yang dijual di dalam negeri yang ditetapkan berdasarkan UU cukai yang berlaku. Tujuannya sudah jelas untuk mengendalikan konsumsi, peredaran, pemakaian yang berlebihan, dan sebagai pemasukan negara. Misalnya saja contoh barang yang terkena cukai seperti etil alkohol, rokok, dan minuman beralkohol. Dengan mengetahui pengertian bea cukai semoga saja pengetahuan Anda menjadi bertambah dan tidak keliru lagi.

Related posts: