Mengenal Pembagian Rumus Excel Pada Microsoft Excel

admin   October 14, 2016   Comments Off on Mengenal Pembagian Rumus Excel Pada Microsoft Excel

ExcelBerbicara mengenai Microsoft Excel tentunya tidak dapat lepas dari pembahasan mengenai rumus Excel yang terdapat di dalamnya. Rumus-rumus tersebut merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Excel sehingga menjadi alasan bagi sebagian orang lebih memilih  menggunakan Excel dalam membantu menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan data. Rumus-rumus tersebut terletak pada menu formula yang merupakan salah satu bagian dari menu Excel yang dapat Anda lihat pada lembar kerja Excel. Anda dapat menemukan secara jelas beserta bagaimana cara menggunakannya. Tapi apakah Anda mengetahui dasar pembagian rumus formula Excel yang biasa Anda gunakan? Yuk simak di bawah ini.

Bagaimana Pembagian Rumus Excel Pada Microsoft Excel?

Secara garis besar rumus Excel terbagi menjadi 3 kelompok besar yaitu rumus statistik, rumus logika, dan rumus matematis. Rumus tersebut tentunya memiliki perbedaan fungsi masing-masing dimana pada rumus matematis biasa digunakan dalam perhitungan seperti pembagian, pengurangan, perkalian dan penambahan. Contoh rumus formula yang terdapat pada rumus matematik adalah SUM, Subtotal dan Anda juga dapat menggunakan simbol dalam penentuan nilai menggunakan rumus matematis yaitu icon (*) dapat Anda gunakan dalam menentukan nilai dari suatu perkalian, (+) dapat Anda gunakan dalam penjumlahan data yang disini fungsinya sama dengan fungsi SUM dan lain sebagainya. Contoh dari rumus logika adalah IF, OR, AND, IFERROR, TRUE, FALSE, AND dan lain sebagainya sedangkan pada rumus statistik terdapat rumus avarage, min, max, count, mid dan masih banyak lagi jenis rumus yang tersedia pada Microsoft Excel.

Jika Anda telah memahami dan mengerti mengenai pembagian secara garis besar rumus Excel tersebut tentunya Anda tidak akan merasa bingung dalam menggunakannya terutama pada pengoperasiannya. Dalam pengoperasiannya Anda dapat menulikan rumus formula secara langsung atau Anda dapat menggunakan penulisan rumus secara manual yaitu mengisikannya pada tabel sel dari data yang Anda buat atau mengklik sel kemudian Anda menulikannya pada kotak function yang berada di atas lembar kerja Microsoft Excel.

Related posts: