image_20180413_101738_2

Mengenal Pembuatan Dan Harga Plakat Kayu Di Pasaran

image_20180413_101738_2

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “plakat”. Ya, plakat merupakan sebuah benda yang sering diberikan kepada seseorang sebagai sebuah tanda penghargaan. Selain sertifikat, plakat memang menjadi sebuah kebutuhan yang harus diberikan kepada orang-orang tertentu. Ternyata, jenis plakat yang dijual di pasaran sangat beragam. Perbedaan masing-masing plakat tersebut biasanya terletak pada bahan yang digunakan serta desain dari plakat itu sendiri. Karena dibuat dari bahan-bahan yang berbeda, maka tidak heran jika harga plakat di pasaran juga berbeda satu sama lain. Harga dari plakat pun semakin mahal jika bahan yang digunakan semakin berkualitas serta memiliki desain yang cukup rumit. Nah, salah satu plakat yang memiliki harga cukup mahal adalah plakat kayu. Mengapa?

Inilah Alasan Mengapa Plakat Kayu Memiliki Harga Yang Cukup Mahal Di Pasaran

Jika diperhatikan, jenis plakat yang dijual di pasaran ternyata berbeda-beda tergantung dengan jenis bahan yang digunakan. berdasarkan bahan yang digunakan, maka plakat dapat dibedakan menjadi lima jenis, yaitu:

  1. Plakat akrilik
  2. Plakat kayu
  3. Plakat fiber
  4. Plakat logam
  5. Plakat resin

Dari kelima jenis plakat tersebut, ternyata plakat kayu memiliki harga yang cukup tinggi di antara jenis plakat lainnya. Harga dari plakat kayu yang tinggi tidak lain disebabkan karena plakat ini dibuat dengan menggunakan jenis kayu yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui, harga kayu berkualitas memang cukup tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, harga plakat kayu pun ikut melambung karena bahan dasar yang digunakan sudah memiliki harga yang cukup tinggi. Selain menggunakan bahan kayu berkualitas yang memiliki harga cukup tinggi, desain plakat kayu juga diukir secara langsung oleh pengrajin. Oleh karena itu, plakat kayu memiliki nilai seni tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan jenis plakat lain yang dibuat dengan cara dicetak.

Para pengrajin plakat kayu selalu mengolah kayu dengan cara diukir menjadi sebuah desain yang indah, sehingga tidak heran jika plakat kayu menjadi karya seni yang tiada duanya. Karena mendapat sentuhan langsung oleh para pengrajin, maka proses pembuatan plakat kayu pun lebih lama dibandingkan dengan proses pembuatan plakat jenis lain yang hanya dicetak pada wadah pencetak. Nah, hal inilah yang menjadi alasan mengapa harga plakat kayu lebih mahal dibandingkan dengan jenis-jenis plakat lainnya.

Related posts: