Mengenal Perawatan Kelinci Anggora

admin   September 2, 2017   Comments Off on Mengenal Perawatan Kelinci Anggora

kelinci anggoraMerawat kelinci anggora bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena kelinci jenis anggora membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan perawatan kelinci biasa. Sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci jenis anggora, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana cara merawat dan menjaga kelinci tersebut dengan baik dan benar. Mencari ilmu sebanyak-banyaknya mengenai cara merawat kelinci sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak bingung saat berhadapan dengan kelinci secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan ilmu yang telah Anda dapatkan untuk merawat kelinci dengan baik dan benar. Mencari ilmu tentang merawat kelinci jenis anggora bisa dilakukan di mana saja. Baik melalui buku, internet, atau bertanya pada orang lain yang lebih berpengalaman dalam memelihara kelinci.

Aneka Cara Perawatan Kelinci Anggora

Berikut ini adalah beberapa cara merawat kelinci anggora dengan baik dan benar:

  1. Makanan

Berikan pakan pelet atau pakan pabrikan secara rutin setiap hari. Pakan pabrikan telah mengandung nutrisi yang lengkap sehingga bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan kelinci. Karena secara alamiah kelinci merupakan hewan pemakan tumbuhan hijau, maka sesekali berikan sayuran hijau seperti kol, kubis, dan brokoli.

  1. Kebersihan Tubuh

Karena memiliki bulu yang panjang dan tebal, maka kebersihan kelinci jenis anggora harus dijaga dengan baik. Mandikan kelinci menggunakan air hangat di pagi hari. Selain itu, gunakan pula sampo khusus kelinci untuk merawat bulu lebatnya. Jangan biarkan kelinci terlalu lama bersentuhan dengan air, segera keringkan bulu kelinci dengan handuk dan hair dryer.

  1. Kebersihan Kandang

Meskipun seekor hewan, namun kelinci tentu lebih suka dengan keadaan kandang yang bersih. Oleh karena itu, bersihkan kandang setiap hari terutama pada bagian penampung feses dan urine.

Nah, itulah beberapa cara perawatan kelinci yang wajib Anda ketahui. Selain memberikan makanan bernutrisi dan menjaga kebersihan, Anda juga harus memperhatikan faktor kesehatan. Sebenarnya, kelinci merupakan hewan yang tidak banyak mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi adalah perut kembung dan diare. Namun, masalah tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, selalu cek kesehatan kelinci anggora Anda agar tetap sehat sepanjang hari.

Related posts: