Mengenal Serangan Jantung

admin   September 4, 2016   Comments Off on Mengenal Serangan Jantung

Mengenal Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi oleh siapa saja dan kapan saja. Umumnya serangan jantung terjadi pada usia tua 40 ke atas. Namun bisa saja serangan jantung terjadi saat remaja. Serangan jantung biasanya terjadi pada saat tubuh dalam kondisi yang menurun. Serangan jantung biasanya disebabkan oleh hal-hal di bawah ini.

  • Merokok

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Rokok mengandung banyak sekali nikotin. Padahal, jantung mengedarkan darah seluruh tubuh. Darah diedarkan dengan bantuan oksigen. Jika kekurangan oksigen, maka darah akan tersumbat dan dapat menyebabkan penyakit. Bayangkan jika yang masuk adalah nikotin, apa yang akan terjadi? Tentu darah akan tercampur oleh nikotin dan merusak tubuh kita.

  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung yang berbahaya. Serangan jantung yang disebabkan karena tekanan darah tinggi dapat terjadi serangan jantung ringan maupun serangan jantung berat yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi jantung dan bahkan kematian.

  • Penyakit gula atau diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi juga dapat menjadi penyebab serangan jantung. Penyakit diabetes cukup berbahaya karena darah akan dialirkan ke seluruh tubuh. Bayangkan jika darah mengandung gula yang tinggi, apa yang akan terjadi dengan jantung?

  • Stres

Ternyata salah satu penyebab serangan jantung juga disebabkan karena faktor stres.  Stres tidak hanya sebagai gangguan mental saja, namun juga dapat merusak jantung karena tidak terkendalinya jantung kita. Maka atur pikiran kita agar tidak stres.

Agar tidak terjadi serangan jantung, maka kita harus menjaga pola hidup kita dengan cara-cara berikut ini.

  1. Hindari stres

Agar tidak mengalami penyakit jantung, maka hindarilah pikiran yang stres. Usahakan pikiran senantiasa dalam keadaan yang senang dan tidak ada beban yang berat. Jika pikiran kita stres dan tidak bisa mengontrolnya, maka serangan jantung dapat terjadi pada kita.

  1. Tidak merokok

Jauhi rokok agar tidak terjadi serangan jantung. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk jantung. Maka jauhi rokok dan asapnya.

Related posts: