Mengenali Penyebab Flek Hitam dan Cara Menanganinya

admin   October 19, 2016   Comments Off on Mengenali Penyebab Flek Hitam dan Cara Menanganinya

tips kecantikanFlek hitam adalah bintik-bintik hitam atau spot pada wajah. Flek hitam sangat mengganggu rona wajah Anda yang akan membuat Anda kurang percaya diri. Flek hitam biasanya terletak simetris pada wajah dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Flek terdiri dari 2 jenis yaitu melasma yang merupakan bintik besar pada wajah, serta freckles yaitu yang hanya seperti titik-titik pada wajah. Penyebab flek hitam umumnya:

  1. Bekas jerawat
  2. Faktor keturunan
  3. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari
  4. Pemakaian obat seperti antibiotik, anti peradangan, epilepsy, dan obat hormonal atau suntik KB
  5. pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat yang membuat wajah sangat sensitif

Menghilangkan flek hitam tergolong hal yang gampang susah. Anda harus rajin dan tekun melakukan perawatan agar flek hitam kian memudar. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memudarkan flek hitam seperti bahan-bahan berikut ini:

  1. Masker mentimun

Gunakanlah masker mentimun untuk menghilangkan flek hitam. Waktu yang dibutuhkan pun tak begitu lama asalkan Anda dengan rutin memakainya. Gunakan setiap 2 kali sehari pada wajah Anda.

  1. Lidah Buaya

Tanaman hias yang satu ini memang sudah tak diragukan lagi khasiatnya dalam dunia kecantikan. Oleskan gel lidah buaya pada wajah selama beberapa menit atau sekitar 15 menit lalu bilas hingga bersih. Saat pertama digunakan mungkin kulit Anda akan terasa gatal, namun reaksi tersebut adalah hal umum yang terjadi. Anda akan terbiasa jika sudah sering mengaplikasikan lidah buaya pada wajah Anda. Gunakan masker ini seminggu sekali.

  1. Semangka

Buah dengan daging merah dan segar ini juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan flek hitam. Selain lezat untuk disantap, buah ini dapat digunakan sebagai masker alami pada wajah. Hancurkan daging buah semangka secukupnya. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai 20 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua hari sekali untuk hasil yang terbaik.

  1. Bengkoang

Gunakanlah bengkoang sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam. Rutinlah memakainya minimal 2 hari sekali.

Related posts: