image_20180413_122146_2

Mengetahui Beberapa Golongan Obat Antibiotik

image_20180413_122146_2

Antibiotik merupakan salah satu obat kedokteran yang sering dipakai untuk diberikan kepada pasien. Fungsi dari berbagai macam jenis obat antibiotik ini sangat berguna sebagai penangkalan dampak buruk dari bakteri. Obat antibiotik bisa digunakan sebagai solusi dari infeksi bakteri. Perlu diingat bahwa fungsi dari antibiotik itu dapat membunuh bakteri hingga tidak bisa digunakan sebagai obat infeksi virus, contohnya DBD, infeksi jamur, cacar air, dan batuk pilek.

Beberapa Jenis Obat Antibiotik

Banyak jenis dari golongan antibiotik dengan bermacam merek dan nama. Golongan antibiotik dibuat berdasar pada mekanisme kerja antibiotik tersebut. Pada setiap jenis obat anti biotik hanya dapat bekerja pada beberapa jenis parasit atau bakteri tertentu. Maka dari itu beberapa antibiotik digunakan untuk jenis dari infeksi yang berbeda. Satu jenis antibiotik tidak mesti digunakan untuk semua jenis infeksi. Ada beberapa jenis obat antibiotik yaitu:

  1. Cephalosporin, golongan antibiotik ini yaitu antara lain cefalexin, cefadroxil dan cefaclor.
  2. Penicilin, golongan antibiotik ini yaitu antara lain adalah flucloxacilin, amoxicilin, dan penicilin V.
  3. Aminoglycoside, golongan antibiotik ini yaitu antara lain adalah amikacin, tobramycin, dan gentamicin
  4. Tetracycline, golongan antibiotik ini yaitu antara lain adalah doxycycline, tetracycline dan minocycline
  5. Macrolide, golongan antibiotik ini yaitu antara lain adalah azithromycin, erythromycin, dan clarithromycin
  6. Clindamycin
  7. Trimethoprim dan Sulfonamide, golongan antibiotik ini yaitu antara lain adalah trimoxazole
  8. Tinidazole dan metronidazole
  9. Quinolone, golongan antibiotik ini yaitu antara lain adalah levofloxacin, norfloxacin dan ciprofloxacin.

Sebagian besar obat antibiotik mempunyai dua nama, nama pertama yaitu nama generik dan nama lainnya itu adalah nama dagang. Nama dagang berarti merupakan nama atau merek paten. Nama merek atau dagang dibuat dari perusahaan obat, perusahaan obat disini berarti mereka memproduksi obat-obatan. Lalu nama generik adalah nama asli dari struktur unsur kimia antibiotik. Sebagai contoh, jenis obat antibiotik golongan penicilin yaitu amoxicillin sebagai nama generik, dan antibiotik ini mempunyai nama merek atau dagang yang cukup banyak seperti brodamox, etamox, yusimox dan nama lainnya tergantung pada produsen dari obat antibiotik tersebut.

Related posts: