Menjaga Kesehatan Ginjal-Portal Kesehatan

Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal-Portal Kesehatan

Tubuh memiliki berbagai organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Berbagai organ penting tersebut memiliki fungsi vital yang bila kinerjanya rusak, maka akan mengganggu kinerja organ lain. Salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh adalah ginjal. Ginjal menjadi organ yang berperan dalam menyaring darah. Darah kerap mengandung racun dari berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh ataupun polusi yang masuk tanpa disengaja. Ginjal menjadi salah satu organ yang sangat rentan terhadap kerusakan. Jika ginjal mengalami kerusakan, maka ginjal tidak dapat dengan sempurna menyaring darah. Akibatnya berbagai macam racun mungkin menumpuk di dalam tubuh. Oleh sebab itu menjaga kesehatan ginjal menjadi sangat penting.

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan ginjal, salah satu yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang akan memperkuat kinerja ginjal. Berikut ini adalah beberapa makanan yang akan menjaga ginjal tetap dalam kondisi yang sehat:

  1. Sayuran rendah kalium

Bagi Anda yang memiliki masalah ginjal, biasanya akan dilanjutkan untuk mengonsumsi sayuran yang rendah kalium. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kalium dapat berikat dengan berbagai macam senyawa di dalam ginjal dan membentuk sebuah kristal. Kristal tersebut dapat menyebabkan ginjal mengalami penyumbatan ataupun peradangan pada ginjal.

  1. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang rendah kalium. Buah yang satu ini mengandung banyak antioksidan. Tidak hanya kaya akan anti oksidan, buah yang satu ini juga kaya akan senyawa anti radang yang akan membantu memperbaiki fungsi ginjal.

  1. Bawang

Bagi seorang perokok, ada banyak bahaya yang dapat dialami olehnya. Berbagai organ di dalam tubuh menjadi sasaran yang empuk untuk berbagai macam penyakit. Salah satu yang dipilih adalah ginjal. Salah satu yang dapat memperbaiki ungsi ginjal perokok adalah bawang. Salah satu bumbu dapur yang satu ini mengandung quercetin. Senyawa tersebut akan mencegah kerusakan ginjal pada perokok. Sedangkan bagi Anda yang tidak merokok, maka senyawa ini akan membantu Anda dalam menyaring darah.

Demikian beberapa sumber makanan yang dapat Anda jadikan sebagai nutrisi untuk kesehatan ginjal.

Related posts: