Menyingkap Arti Kata Mitos Dan Definisi Menurut Para Ahli Mitologi

admin   January 3, 2017   Comments Off on Menyingkap Arti Kata Mitos Dan Definisi Menurut Para Ahli Mitologi

Definisi Menurut Para AhliKetika mendengar kata mitos, apa yang pertama kali terbersit dalam benak Anda? apakah sesuatu yang menyeramkan, atau sesuatu yang berhubungan dengan alam gaib? Sebenarnya, mitos tidak melulu berisi hal-hal yang dianggap mistis. Dalam artikel ini akan diulas mengenai definisi menurut para ahli tentang mitos. Sehingga akan dapat diketahui apa makna sesungguhnya dari mitos.

Definisi Menurut Para Ahli Tentang Mitos

Dalam karya sastra, kata mitos sudah bukan barang yang asing. Kata mitos sendiri berasal dari bahasa Yunani mythos yang berarti cerita atau perkataan. Istilah ini pertama kali disampaikan oleh Plato yang menganggap bahwa mitos merupakan cerita tradisional yang berisi kehidupan dewa-dewi dan peristiwa gaib yang dianggap benar-benar terjadi. Oleh sebab itu, kebenaran akan cerita tersebut masih belum dapat dibuktikan. Definisi menurut para ahli yang lain disampaikan oleh William A. Haviland, yang mengemukakan bahwa mitos adalah cerita mengenai peristiwa semi-historis yang menerangkan tentang akhir kehidupan manusia. Karena menerangkan tentang akhir kehidupan manusia, maka kebenarannya masih perlu dikaji dan dibuktikan. Hal ini terkait dengan kemampuan manusia yang terbatas dalam mengetahui akhir hidupnya. Pendapat lain disampaikan oleh salah seorang ahli di bidang sastra bernama Levi-Strauss yang berpendapat bahwa mitos merupakan suatu cerita dari tradisi lisan masyarakat, di dalamnya lebih menceritakan dewa-dewi, manusia pertama, binatang, dan lain sebagainya berdasarkan suatu skema logis yang memungkinkan para pembaca mengintegrasikan semua masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu konstruksi sistematis.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa mitos dalam karya sastra tidak hanya berupa sesuatu yang mistis, tetapi juga sebuah cerita dongeng yang tidak nyata, belum bisa dibuktikan kebenarannya, dan di dalamnya mengandung cerita yang kebanyakan tidak masuk akal. Beberapa mitos yang terkenal di masyarakat di antaranya tentang Mitologi Yunani dengan cerita dewa-dewinya, atau mitos tentang Ratu Pantai selatan Pulau Jawa yang sangat terkenal. Itulah beberapa ulasan mengenai definisi menurut para ahli tentang apa itu mitos. Semoga bermanfaat!

Related posts: