image_20180306_093833_4

Pantai Baron Yang Fenomenal

image_20180306_093833_4

Pantai yang dihiasi dengan aliran air sungai yang berada di pinggir pantai sebelah Barat dan langsung mengalir ke laut uniknya setiap 5 tahun sekali aliran sungai akan berubah ke arah Timur yang tentunya membelah hamparan pasir. Dengan demikian wisata Pantai Gunungkidul Anda dapat melihat 2 jenis air yang berbeda yaitu asin dan air tawar sekaligus. Memiliki ombak yang cukup ganas meskipun bentuknya seperti teluk. Pasirnya berwarna cokelat kehitaman mirip dengan pasir Parangtritis. Dan pantai ini juga selalu menjadi tempat dilakukannya sedekah bumi sebagai tanda terima kasih karena panen ikan yang sangat melimpah. Karena itulah Anda juga bisa melihat perahu nelayan yang terparkir tidak jauh dari Pantai Baron ini.

Keindahan Pantai Baron

Di tempat ini Anda tidak akan pernah kelaparan karena begitu banyak warung makanan beraneka jenis masakan namun mayoritas tentunya seafood. Sehingga wisata Pantai Gunungkidul yang Anda lakukan selain berenang di Pantai Baron juga bisa wisata kuliner yang sedap. Pantai Baron pada bagian kiri dan kanannya terdapat tebing yang cukup tinggi sehingga bisa Anda daki hingga ke atas dan mendirikan tenda di atas bukit karang tersebut yang terdiri dari hamparan rumput yang indah. Di Pantai Baron terdapat mercusuar yang bisa Anda naiki hingga ke atas dengan membayar 5000 rupiah. Terdapat lokasi wisata lain berupa berbagai jenis peralatan pembangkit listrik tenaga surya dan jam matahari yang unik di Baron Techno Park.

Nama Baron diambil dari seorang bangsawan Belanda yang berlabuh di pantai tersebut bernama Baron Skeber yang akhirnya nama tersebut diabadikan sebagai nama pantai oleh penduduk setempat kala itu. Fasilitas yang ada di lokasi wisata sudah cukup lengkap sehingga Anda akan cukup nyaman berada di lokasi wisata Pantai Gunungkidul tersebut. Berlokasi di desar Kemandang dan kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul. Hanya 60 Km atau sekitar 1 jam 40 menit dari pusat kota Yogyakarta. Akses untuk menuju ke sana sangat mudah karena disediakan transportasi umum untuk bisa ke sana dan kendaraan pribadi juga bisa melenggang ke sana.

Related posts: