Penderita Gagal Ginjal Pantang Makan Ini

admin   October 13, 2017   Comments Off on Penderita Gagal Ginjal Pantang Makan Ini

tips kesehatanSebagai salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap remeh, penderita penyakit ginjal kronis juga harus memperhatikan asupan makanan. Tanpa adanya perawatan dan penanganan yang tepat, penyakit ginjal ini bisa menyebabkan masalah atau komplikasi yang serius bahkan kematian. Untuk bisa mengatasi hal tersebut tentunya dengan mengatur pola makan yang tepat sangatlah perlu. Mengingat penderita gagal ginjal harus mendapatkan perawatan yang ekstra termasuk mengatur setiap makanan yang masuk. Ada beberapa jenis makanan yang sangat tidak dianjurkan atau pantangan untuk diberikan kepada penderita gagal ginjal ini. Yang justru akan sangat berpengaruh pada masalah yang lebih serius lagi.

Jangan Konsumsi Makanan Ini Bagi Pasien Gagal Ginjal Kronis

Penderita gagal ginjal kronis tentunya harus diperhatikan secara ekstra. Karena bagi si penderita sudah mengalami penurunan fungsi utama ginjal dalam peranannya mengatur limbah beracun serta menyaring darah. Apabila kadar racun dalam darah semakin banyak dan terkumpul di dalam tubuh maka akan sangat berbahaya dan menimbulkan komplikasi kesehatan yang serius. Masalah ini sering kali terjadi karena beberapa penyebab seperti terjadinya komplikasi antara hipertensi dan diabetes. Bagi penderita gagal ginjal ini juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Biasanya dokter juga menganjurkan untuk melakukan diet. Dalam peranannya mengurangi asupan makanan tertentu supaya tidak memberatkan kerja ginjal.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein. Walaupun protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun akan berbeda pada penderita gagal ginjal. Terlalu banyak mengkonsumsi protein justru akan menimbulkan penumpukan limbah yang terlalu tinggi. Sehingga mengurangi asupan protein dengan tidak menghilangkannya juga penting. Selain itu pasien juga tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor tinggi. Beberapa contoh produk yang tinggi fosfor seperti selai kacang, minuman soda, bir, serta produk olahan susu. Hindari juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu tinggi garam. Mengkonsumsi makanan bergaram akan meningkatkan produksi cairan yang bisa menyebabkan pembengkakan di kaki. Pentingnya memilah dan memilih asupan makanan yang tepat tentu saja akan mengurangi dampak yang lebih parah.

Related posts: