aircross-concept-mobil-crossover-citroen-rasa-mitsubishi-eyHqM8A9L5

Perawatan Khusus Mobil Matic

aircross-concept-mobil-crossover-citroen-rasa-mitsubishi-eyHqM8A9L5

Mobil bertransmisi otomatis memang sangat nyaman dan mudah untuk digunakan. Mobil crossover paling irit pun kebanyakan menggunakan transmisi otomatis agar semakin nyaman digunakan di dalam kota. Jika Anda adalah orang yang memiliki rutinitas kegiatan yang tinggi, transmisi otomatis sangat disarankan untuk kegiatan Anda sehari-hari. Karena untuk mengendarainya tidak selelah jika menggunakan transmisi manual, terlebih lagi jika jalanan macet.

Perawatan Mobil Akan Memperpanjang Usianya

Mobil crossover dengan transmisi otomatis memang perlu lebih diperhatikan perawatannya dibanding transmisi manual. Karena sebagian besar sistem yang digunakan mobil matic menggunakan sistem komputerisasi yang lebih rumit. Bagian yang sering menjadi sebuah masalah adalah pada bagian transmisinya. Selain itu biaya perbaikan mobil matic lebih mahal dibanding mobil manual, oleh karena itu jika Anda memilikinya, ikutilah tips berikut untuk merawat kesehatan mobil matic Anda.

  • Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Sebagian besar pengendara terkadang lupa memikirkan hal penting ini, jika tidak sedang memiliki waktu luang biasanya langsung pakai. Hal ini bisa berbahaya untuk mesin mobil matic Anda jika selalu diabaikan. Sekelas mobil crossover paling irit pun harus dipanaskan terlebih dahulu. Panaskan mobil setiap pagi sebelum pergi ke kantor, dan pastikan posisi transmisi Anda pada posisi P atau N.

  • Peraturan Persneling

Walaupun mobil matic tidak menggunakan persneling, tetap ada persneling sederhana untuk menjalankannya. Jika Anda tidak benar-benar pada posisi berhenti (akan jalan lagi), sebaiknya jangan posisikan transmisi pada posisi P (Parking), karena hal tersebut bisa merusak persneling mobil. Lalu jangan paksakan di posisi D (Drive) saat berhenti di lampu merah. Lebih baik pada posisi N (Neutral) jika berhenti dan tidak parkir.

  • Ganti Oli Teratur

Hal ini sudah menjadi hal umum untuk merawat sebuah mobil. Lakukanlah pergantian oli lama dengan oli baru agar mesin mobil matic Anda tetap terjaga kesegarannya. Jika Anda mengabaikan pergantian oli pada jangka waktu yang dianjurkan, akan merusak bagian transmisi mobil Anda. Lakukanlah pergantian oli pada mobil crossover paling irit Anda pada waktu yang ditentukan, biasanya pada kilometer 80.000 KM hingga 100.000 KM.

Related posts: