image_20180517_161221

Perkembangan Industri Textile Dari Waktu Ke Waktu

image_20180517_161221

Pakaian adalah kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi karena fungsi pakaian adalah untuk melindungi tubuh. Oleh karena itu, ada banyak industri atau perusahaan yang saat ini bergerak di industri  textile. Lebih dari itu, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, industri textile juga mengalami perkembangan pesat. Print kain merupakan salah satu contoh dari perkembangan industri textile yang semakin maju dan akan terus berkembang.

Awal Mula Kemunculan Industri Textile

Industri textile merupakan perusahaan yang memproduksi pakaian yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Indonesia. Suatu Negara harus memiliki industri textile yang cukup agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan sandang. Berbicara tentang proses pembuatan, kegiatan membuat pakaian sebenarnya sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak jaman kerajaan Hindu. Kegiatan sederhana seperti menyulam, membatik, menenun. Kegiatan tersebut menghasilkan kerajinan yang nantinya dapat dijual.

Seiring berjalannya waktu, industri tekstil mulai beroperasi di Indonesia. Hal tersebut terjadi sekitar awal abad ke 19. Pada saat itu, tentu belum ditemukan print kain karena memang masih menggunakan peralatan tanpa mesin dan masih sangat tradisional. Pada sekitar tahun 1939, salah satu daerah di Jawa Barat yang sudah dialiri listrik menggunakan mesin pembaut pakaian pertama di Indonesia. Kemudian pada tahun 1960-an pemerintah Indonesia mulai membentuk organisasi industri textile untuk yang pertama kali. Sejak saat itu, perkembangan industri textile di Indonesia sangat maju.

Industri Textile Modern

Perkembangan industri textile di Indonesia memang tak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi. Industri modern menggunakan mesin-mesin canggih untuk memproduksi pakaian. Selain itu, terdapat pula berbagai teknik pembuatan pakaian yang dulunya tidak ada. Beberapa diantara cara produksi pakaian modern yang banyak dilakukan saat ini adalah sablon dan print kain.

Teknik produksi kain dan pakaian yang berbeda tentu menghasilkan pakaian dengan kualitas yang berbeda pula. Oleh karena itu, terdapat banyak sekali model pakaian dengan kualitas yang berbeda. Tak mengherankan jika saat ini pakaian tidak hanya berfungsi sebagai penutup tubuh. Lebih dari itu, pakaian saat ini dijadikan sebagai gaya hidup dan trend yang dapat dengan cepat berubah.

Related posts: