Prosedur Membeli Tanah Yang Wajib Diketahui

admin   October 3, 2017   Comments Off on Prosedur Membeli Tanah Yang Wajib Diketahui

prosedur membeli tanahApakah Anda berencana membeli tanah? Jika iya maka hal-hal seperti prosedur membeli tanah adalah sesuatu yang penting untuk Anda pahami saat ini. Seperti yang kita tahu bahwa pembelian tanah jelas sedikit berbeda dengan pembelian barang biasa. Dalam hal ini ada berbagai macam hal yang sebaiknya dipersiapkan bahkan sebelum pembelian dilakukan. Misalnya saja ialah mencari lokasi tanah yang tepat, harga yang sesuai dengan pasaran dan masih banyak lagi. Untuk itu Anda jangan sampai menyepelekan soal prosedurnya sendiri agar nantinya pembelian tanah bisa berjalan dengan lancar dan berikut beberapa hal terkait prosedur untuk pembelian tanah tersebut.

Wajib Tahu, Inilah Prosedur Membeli Tanah

Bicara mengenai prosedur membeli tanah, dalam hal ini Anda sebaiknya tahu hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan pembeliannya. Apa saja itu? Yang pertama adalah identitas dari penjual tanah misalnya saja adalah KTP, KK, bagi yang telah menikah dilengkapi dengan surat nikah, persetujuan suami atau istri dan lainnya. Tanpa adanya dokumen yang lengkap dari penjual, tanah tentu tidak sah dijual. Begitu pula mengenai pembeli tanah yang mana dia juga harus menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP, KK, dan info lain misalnya NPWP. Selain itu, dokumen tanah asli mulai dari bukti PBB atau Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, sertifikat tanah pun harus disiapkan.

Apabila semua berkas disiapkan dan telah melakukan negosiasi, maka kini saatnya Anda buat AJB atau Akta Jual Beli tanah tersebut. Pembuatannya sendiri harus dilakukan di kantor PPAT dengan tanda tangan notaris sehingga pembelian tanah tersebut memiliki landasan hukum yang jelas. Untuk proses selanjutnya ialah Anda datang ke kantor pertanahan terdekat dan lakukan balik nama dengan memberikan berbagai berkas diatas ditambah dengan bukti pembayaran tanahnya. Itulah proses yang cukup panjang dan harus dilakukan oleh para pembeli maupun penjual tanah. Tentunya Anda tidak boleh mengabaikan semua prosesnya sebab dengan semua prosedur membeli tanah seperti yang telah disebutkan diatas, kini Anda bisa melakukan pembelian sesuai dengan keinginan.

Related posts: