Resep Kue Semprong

admin   December 3, 2016   Comments Off on Resep Kue Semprong

Resep KueKue semprong termasuk juga kue jajanan tradisional yang sudah ada sejak lama. Dahulu kue semprong sering disajikan sebagai hidangan lebaran atau pada perayaan- perayaan. Kue semprong yang berasal dari tanah Jawa ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis namun ada juga cita rasa kayu manis, tergantung dari bahan pembuatannya. Resep kue semprong yang cukup melegenda ini saat ini sudah jarang ditemui lagi karena memang sudah tergeser dengan makanan-makanan lainnya yang banyak beredar termasuk juga kue-kue pabrikan.

Mencoba Resep Kue Semprong

Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut, telur ayam sebanyak 3 butir, santan 200 ml, tepung beras 250 gr, gula pasir sebanyak 165 gr, garam halus ½ sdt, tepung sagu 50 gr, 60 gr margarin yang sudah dilelehkan dan wijen 50 gr. Dan langkah-langkah dalam pembuatan resep kue semprong adalah sebagai berikut, pertama-tama campurkan gula pasir dengan telur ayam kemudian kocok hingga mengental. Lalu masukkan tepung beras dan tepung sagu yang sudah diayak kedalam adonan telur sambil terus diaduk. Kemudian tambahkan wijen dan garam ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur dengan rata.

Setelah itu kita memanaskan cetakan kue semprong dengan api sedang. Kemudian masukkan adonan kedalam cetakan sambil di bolak balik hingga matang dan kering. Jika sudah berasa kering angkat dan langsung digulung, kemudian biarkan hingga dingin dan renyah dan sajikan dengan dimasukkan kedalam stoples agar tidak melempem. Kue semprong ini dapat menjadi teman minum teh Anda di sore hari. Juga dapat disajikan ketika tamu datang berkunjung ke rumah Anda. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bukan ketika kita dapat menyajikan dengan resep kue semprong buatan sendiri kepada tamu juga teman-teman Anda. Dengan dimasukkan ke dalam stoples maka akan terjaga kerenyahan dan dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama. Jadi dengan kita membuat kue semprong ini maka secara tidak langsung kita juga telah melestarikan kue semprong ini agar tetap terjaga dan dapat terus dinikmati.

Related posts: