perubahan-tubuh-saat-berhenti-merokok-di-jam-pertama-part-1

Sadari Dampak Buruk Rokok Mulai Dari Sekarang

perubahan-tubuh-saat-berhenti-merokok-di-jam-pertama-part-1

Artikel kali ini akan membahas mengenai bahaya membakar uang yang umumnya masih banyak dilakukan oleh manusia yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan. Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan Hari Tembakau. Tembakau merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan rokok. Rokok merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan membakar puntung rokok dengan komposisi utama berupa tembakau.

Waspadai Bahaya Dari Konsumsi Rokok

Bagian tembakau yang dimanfaatkan berupa daun tembakau yang dibalut menggunakan kertas tertentu hingga membentuk suatu lintingan rokok yang siap dibakar. Saat ini rokok terdiri dari beberapa jenis yaitu filter, kretek, vape, dan sebagainya. Umumnya rokok yang dibeli oleh masyarakat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari masing-masing individu. Namun mirisnya di Indonesia ini angka perokok remaja tidaklah sedikit sehingga menghasilkan suatu keprihatinan karena rokok mempunyai tingkat kecanduan yang tinggi.

Banyak orang yang beranggapan jangan sekali-kali mencoba rokok karena akan menimbulkan suatu kecanduan yang sulit dihilangkan. Bayangkan saja apabila kebiasaan merokok telah dimulai sejak usia belia, maka dapat dibayangkan masa tuanya akan sulit untuk dihentikan. Rokok memiliki kandungan zat berbahaya yang jumlahnya lebih dari tiga ratus jenis bahan.

Jika dalam satu bungkus rokok terdapat dua belas batang, maka dapat dikalkulasikan berapa banyak zat berbahaya yang terakumulasi dalam tubuh. Hal ini banyak dilupakan oleh para perokok aktif karena merasa dirinya masih berada dalam keadaan yang baik-baik saja ketika merokok. Namun yang paling menyedihkannya lagi,  tidak sedikit korban perokok pasif yang biasanya didapat dari tempat-tempat umum seperti terminal, pasar, dan sebagainya. Dampak apa saja yang akan didapat apabila mengonsumsi rokok secara berlebihan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

  • Gangguan Kehamilan dan Janin

Bagi perempuan rokok memiliki faktor risiko yang sangat tinggi terhadap gangguan kehamilan dan janin. Namun bisa juga karena menjadi korban dari para perokok aktif yang secara sadar maupun tidak sadar merokok di dekat wanita yang sedang hamil.

  • Kanker Paru-Paru

Salah satu penyakit yang paling menakutkan dan risikonya tinggi akibat merokok yaitu kanker paru-paru. Ketika diadakan pembedahan pada mayat orang yang aktif merokok, paru-parunya berwarna hitam karena banyaknya asap rokok yang masuk.

Related posts: