image_20180129_053116_42

Sahur Dengan Makanan Sehat Puasa Lancar

image_20180129_053116_42

Umat Islam memiliki keistimewaan dalam bidang kesehatan, yaitu dengan adanya perintah berpuasa wajib di bulan Ramadhan. Dalam satu bulan penuh pencernaan kita bisa beristirahat setelah sebelas bulan bekerja penuh untuk mencerna apa yang Anda makan setiap harinya. Perlu Anda perhatikan makanan sehat ketika Anda sahur dan berbuka agar berpuasa selama satu bulan penuh tubuh akan tetap fit dan aktivitas tidak tersendat walaupun Anda berpuasa seharian. Ketika berpuasa rasa lemas tentunya sangat terasa apalagi ketika tidak sahur. Sebenarnya jika Anda memikirkan lebih dalam apa yang Alllah SWT perintahkan tidak ada yang sia-sia. Jika diambil kasus tentang perintah berpuasa pun telah Anda ketahui seperti apa yang dipaparkan di atas.

Perhatikan Makanan Sehat Santap Sahur Anda

Sahur yang dilaksanakan pada dini hari sebelum masuk waktu subuh disunnahkan bagi setiap muslim untuk melaksanakannya. Ketika disunnahkan sahur saat dini hari pun tidak tanpa alasan. Barangkali ada sebagian orang yang rela bergelung dengan selimut hangatnya dari pada melaksanakan sahur. Padahal moment sahur terdapat keberkahan di dalamnya. Selain itu, dengan sahur terutama dengan menu makanan sehat akan membuat tubuh memiliki cadangan energi sebagai bekal puasa Anda. berbicara mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika sahur perlu Anda ketahui. Sahur sebaiknya dilakukan di akhir waktu yaitu mendekati subuh. Kemudian menu makanan yang perlu Anda persiapkan tentunya yang lengkap kandungan gizinya. Makanan yang mengandung karbohidrat jangan sampai Anda lewatkan agar cadangan energi Anda banyak dan dapat merasakan kenyang lebih lama selama berpuasa. Beberapa makanan yang perlu Anda siapkan adalah makanan yang mengandung karbohidrat seperti olahan gandum, kacang-kacangan, oat, ubi jalar, jagung, dan sebagainya.

Memakan buah sebelum sahur pun sebaiknya jangan sapai Anda lupakan. Makan buah seperti pisang, jeruk, anggur, apel, dan sebagainya. Sebagaimana Anda ketahui makan buah sebelum makan berat merupakan saran makanan sehat yang sebaiknya Anda lakukan agar buah yang Anda makan cepat terserap oleh tubuh dibandingkan makanan berat. Perbanyak minum air putih jika perlu susu agar Anda tidak dehidrasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: