Sejuta Manfaat Dari Bawang Putih

Bawang putih merupakan rempah-rempah yang umum digunakan di semua jenis makanan. Aroma khas dan rasanya yang kuat akan membuat masakan jadi lebih lezat. Terkadang aroma yang menyengat membuat tanaman tidak banyak dikonsumsinya secara langsung, melainkan hanya digunakan sebagai bumbu. Namun, sejak lama telah digunakan dan dipercaya mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. Perlu diketahui pula, bahwa bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif dalam mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang bahaya.

Penggunaan Bawang Putih untuk Kesehatan

  1. Melawan kanker

Bawang putih dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia. Bawang putih ini dapat mencegah kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara.

  1. Mengurangi tingkat gula (Diabetes)

Bawang putih memiliki potensi penting dalam mengurangi kadar glukosa darah dan kadar trigliserida.

  1. Membersihkan komedo dan obat jerawat

Bawang putih ternyata penting dalam hal kecantikan, yaitu membersihkan komedo. Di daerah hidung sering kali muncul komedo yang mengganggu penampilan wanita, tidak perlu khawatir, bawang putih solusinya. Cukup haluskan, kemudian oleskan pada bagian hidung yang dihinggapi komedo. Jerawat tumbuh besar di sekitar wajah bisa diatasi dengan menghaluskan bawang putih satu siung lalu oleskan dan diamkan selama 10 menit.

  1. Sakit gigi

Sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi. Sifat antivirus serta bakteri yang terkandung dari bawang putih dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Efek Samping Penggunaan Bawang Putih

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh, bawang putih pun memiliki efek samping yang berbahaya jika kita mengkonsumsi secara berlebih dan tidak tepat. Berikut efek sampingnya:

  1. Mengkonsumsi bawang putih saat perut kosong akan mengakibatkan perut terasa mual dan muntah.
  2. Mengkonsumsi terlalu banyak bawang putih mentah memiliki efek samping pada kesehatan lambung.
  3. Konsumsi bawang putih mentah juga menyebabkan pusing atau migraine, terutama bagi yang menderita tekanan darah rendah.
  4. Ibu hamil tidak disarankan untuk memakan bawang putih mentah sebab bisa mempengaruhi kondisi kehamilan.

Related posts: