1476026_big-lnd6

Terapi Wanita Hipertensi Dengan Sepak Bola

1476026_big-lnd6

Olahraga sepak bola adalah olahraga yang banyak digemari oleh pria maupun wanita, tidak hanya seru tetapi olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk wanita yang memiliki penyakit hipertensi.

Manfaat Olahraga Sepak Bola Untuk Wanita Yang Mengalami Hipertensi

Manfaat dari sepak bola dimulai dari penelitian di Denmark yang menemukan manfaat olahraga sepak bola untuk wanita yang mengalami hipertensi. Studi tersebut juga menemukan manfaat olahraga tersebut berhubungan dengan stamina dan detak jantung. Selain itu bermain sepak bola bagi wanita mampu memperbaiki suasana hati, menjaga kesehatan serta meningkatkan kemampuan sosialisasi. Penelitian yang dilakukan pada wanita yang memiliki hipertensi yang bermain sepak bola mampu memberikan dampak positif yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi sistolik dan diastolik sekitar 12/6 mmHg serta mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Selain itu juga penelitian ini menemukan dengan bermain sepak bola mampu menurunkan kadar kolesterol. Hasil akhirnya adalah dengan bermain sepak bola mampu menurunkan tekanan darah secara cepat dan sama efektifnya dengan minum obat penurun tekanan darah. Tetapi hal tersebut tidak bisa menggantikan konsumsi obat dari dokter yang bisa membuat Anda lali dalam menjaga pola makan serta kesehatan jantung yang berpengaruh ke pembuluh darah.

Hal Lain Yang Dilakukan Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Selain bermain sepak bola untuk menurunkan tekanan darah pada wanita, maka baiknya diimbangi dengan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan mampu meningkatkan risiko penyakit hipertensi sehingga Anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal sehingga tekanan darah Anda akan lebih terkendali.

  1. Mengatur pola makan

Berbagai jenis makanan bisa mempengaruhi tekanan darah, sebaiknya banyak konsumsi buah serta sayuran, makanan berprotein yang rendah lemak seperti ikan, tempe dan tahu. Kemudian bisa mengonsumsi susu rendah lemak dan juga hindari makanan gorengan serta junk food.

  1. Kurangi asupan garam

Mengurangi makanan yang banyak mengandung banyak garam mampu membantu dalam mengontrol tekanan darah. Batasi asupan garam yang hanya 6 gram atau setara dengan satu sendok teh. Kurangi penambahan garam pada masakan dan hindari makanan kemasan dan juga makanan olahan instan.

Related posts: