Tetap Sehat Dengan Menjaga Kebersihan Kamar

Kamar tidur adalah tempat mengistirahatkan badan yang lelah setelah seharian melakukan banyak aktivitas. Selain itu, kamar juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai yang nyaman. Kamar yang nyaman adalah kamar yang bersih. Kamar yang bersih juga akan menunjang dan menentukan kesehatan penghuninya. Jika kamar yang kita gunakan setiap harinya berdebu dan bau tidak sedap tentu akan membuat kita kurang nyaman. Untuk itulah, sangat penting untuk menjaga kebersihan kamar tidur.

Menjaga Kebersihan Kamar Tidur Agar Tetap Sehat

Kamar tidur yang lembab dan jarang terkena matahari adalah tempat favorit jamur, bakteri dan kuman penyebab penyakit kulit untuk tumbuh. Kamar tidur yang diabaikan kebersihannya akan mempengaruhi kesehatan penghuninya. Kamar tidur yang kotor bisa saja menyebabkan berbagai macam penyakit dari penyakit kulit hingga penyakit pernapasan. Di bawah ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan kamar tidur.

  1. Membersihkan seprei dan sarung bantal

Seprei dan sarung bantal yang disarankan untuk digunakan adalah yang berasal dari kain katun. Kain katun bersifat lembut, menyerap air dan dingin. Selain itu, seprei dan sarung bantal yang kita gunakan harus kita ganti dengan teratur, paling tidak dua kali seminggu. Sarung bantal yang kotor dapat menyebabkan jerawat pada kulit wajah, itulah mengapa kita harus rajin menggantinya.

  1. Menjemur kasur

Kasur yang kita gunakan setiap hari dapat dihinggapi debu yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit jika kita tidak membersihkannya. Kasur juga dapat dijadikan tempat tinggal yang sangat pas untuk berbagai jenis virus, jamur dan bakteri penyebab penyakit kulit. Selain itu, kutu kasur atau tungau juga dapat tinggal pada kasur yang jarang dibersihkan. Oleh karena itulah, kita harus rajin menepuk-nepuk dan menjemur kasur agar debu dan segala bakteri dan jamur yang ada di dalamnya mati.

  1. Jangan menyimpan makanan di dalam kamar

Aroma makanan yang menggoda ataupun rempahan makanan yang jatuh ketika kita memainkannya di kamar akan mengundang berbagai serangga. Semut akan mengerubungi rempahan makanan yang jatuh di kamar, sedangkan lalat akan datang karena aroma makanan. Hal tersebut tentu akan membuat kamar menjadi kotor. Oleh karena itu, sebaiknya jangan makan dan menyimpan makanan di dalam kamar.

Related posts: