image_20180120_065326_7

Tindakan Laser Retina Untuk Retinopati Diabetik

image_20180120_065326_7

Laser retina adalah sebuah tindakan operasi mata ringan yang bisa di lakukan dalam waktu sehari tanpa pasien di haruskan melakukan rawat inap. Jika Anda masih memiliki kedua bola mata yang masih sehat dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya maka Anda mesti bersyukur karena Anda masih bisa melihat keindahan alam ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa. Anda juga masih bisa beraktivitas seperti biasanya di mana semua itu mustahil bisa di lakukan tanpa adanya mata yang sehat. Bayangkan jika suatu ketika tiba-tiba Anda mengalami gangguan pada penglihatan Anda yang kemudian menyebabkan berkurang atau menurunnya kemampuan daya melihat Anda.

Tindakan Laser Retina Pada Pasien Retinopati Diabetik

Dan salah satu jenis gangguan yang paling banyak menyerang retina adalah Retinopati Diabetik. Umumnya gangguan ini menyerang pada penderita diabetes. Pada retina terdapat banyak pembuluh darah yang bisa bocor jika kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Jika pembuluh darah bocor maka otomatis mata akan kekurangan suplai oksigen karena darah tidak bisa sampai dengan maksimal yang kemudian akan membuat retina rusak. Berikut beberapa tata laksana dari operasi laserĀ  retina.

  • Di lakukan pemeriksaan

Langka awal yang harus di lakukan sebelum melakukan operasi laser pada retina mata adalah dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada kondisi mata khususnya retina mata untuk mengetahui sejauh mana kerusakan pada retina yang terjadi.

  • Pemberian tetes mata

Dan setelah di ketahui seberapa besar tingkat kerusakan maka segera di lakukan operasi laser pada retina mata. Sebelumnya pasien akan di beri tetes mata untuk melebarkan pupil mata. Kemudian bola mata pasien juga di beri obat pemati rasa. Saat proses laser di lakukan pasien hanya akan merasakan adanya kilatan cahaya saja pada matanya.

  • Penglihatan pulih

Selama proses laser pada retina mata maka pasien akan mengalami kesulitan untuk melihat karena cahaya yang masuk jauh lebih besar dan otomatis menyilaukan. Namun hal tersebut akan pulih selama kurang lebih dalam waktu 4 hingga 5 jam kemudian.

Saat ini sudah banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tindakan operasi laser pada retina mata yang mana akan mengembalikan fungsi mata mereka. Namun tetap saja fungsi penglihatan mungkin tidak akan kembali 100% seperti sediakala. Operasi laser pada retina mata ini hanya bertujuan untuk mengembalikan fungsi penglihatan agar supaya mata tetap bisa di gunakan sebagaimana mestinya. Info selengkapnya bisa Anda dapatkan di http://www.klinikmatanusantara.com/service/retina.

Related posts: