Tipe Penonton Saat Public Speaking

admin   March 26, 2017   Comments Off on Tipe Penonton Saat Public Speaking

public speakingPublic speaking adalah berbicara di hadapan banyak orang, itu artinya anda tidak lepas dari pandangan para penonton. Orang-orang yang hadir sebagai penonton dan pendengar saat anda berbicara di hadapan mereka tentu memiliki kriteria yang berbeda-beda. Seperti yang sudah anda ketahui, misalnya saja dalam sebuah seminar ada beberapa penonton yang aktif bertanya atau melakukan interupsi, tetapi ada juga yang lebih suka menyimak dengan diam. Lalu bagaimana cara menghadapi orang dalam jumlah banyak dengan kriteria yang berbeda-beda? Dan bagaimana saja sebenarnya tipe-tipe penonton ataupun pendengar saat anda menjadi pembicara?

Mengenal Tipe Penonton Public Speaking

Ada beberapa tipe pendengar ataupun penonton yang biasa anda temui saat melakukan public speaking, di antaranya tipe the sheep, tipe the clown, tipe the hotshot dan tipe the sniper. Masing-masing tipe tersebut mempunyai kriteria masing-masing yang harus anda pelajari agar nantinya anda bisa menguasai situasi saat berbicara di depan mereka. Tipe the sheep adalah mereka yang akan fokus pada segala hal yang anda katakan. Mereka akan mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang anda sampaikan. Biasanya tipe ini tidak akan mencecar anda dengan pertanyaan yang mungkin dapat menyulitkan anda. Selanjutnya tipe the clown, adalah mereka yang suka memberi pertanyaan kepada sang pembicara. Tipe ini sangat suka berinteraksi secara sosial termasuk saat menghadiri sebuah acara seperti seminar. Mereka juga akan sangat menyukai diskusi dan apapun yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.

Tipe pendengar dalam public speaking lainnya adalah the hotspot. Orang-orang yang masuk dalam tipe ini adalah mereka yang memiliki kriteria para pendengar maupun penonton yang akan mengikuti acara dengan sangat baik. Mereka akan sungguh menyimak materi yang dibawakan dan tetapi fokus, hingga nantinya akan menanyakan banyak sekali hal yang fokus menggali setiap materi. Mereka sangat suka belajar dan berpartisipasi dalam diskusi. Selanjutnya adalah tipe sniper, mereka yang masuk dalam tipe ini patut anda waspadai dalam sesi diskusi karena biasanya mereka akan memberikan kritik maupun pertanyaan yang sangat menjurus pada materi yang anda bawakan. Biasanya saat bertanya maupun mengkritik mereka juga akan menunjukkan sikap bahwa mereka ahli dalam hal tertentu, terutama yang berhubungan dengan materi yang anda bawakan.

Related posts: