Tips Cara Melancarkan ASI

admin   July 13, 2017   Comments Off on Tips Cara Melancarkan ASI

cara memperbanyak asiPenting bagi Ibu untuk paham bagaimana Cara Melancarkan ASI agar bayi terpenuhi kebutuhannya, dan mencari putra-putri kebanggaan Ayah dan Ibu. Ketika umur 1 hari, Bayi membutuhkan 5-7 ml ASI dalam sekali minum. Konsumsi ASI pada hari pertama sangat sedikit karena lambung bayi masih kecil seukuran dengan biji kemiri. Kebutuhan ASI akan bertambah seiring dengan meningkatnya umur bayi. Seiring dengan umur bayi, produksi ASI pada ibu yang baru saja melahirkan juga sedikit, kemudian produksi ASI akan naik dengan sendirinya seiring dengan umur bayi. Namun ditemui pada beberapa Ibu yang hendak menyusui, keluarnya asi kadang tersendat-sendat.

Cara Melancarkan ASI untuk Kebutuhan Buah Hati

Sejumlah cara dapat Ibu praktikan sebagai Cara Melancarkan ASI. Cara yang paling baik untuk memperlancar produksi susu adalah dengan terus menerus menyusui. Kemudian lakukan skin to skin nurse. Skin to skin nurse adalah ketika menyusui, usahakan agar kulit Ibu dan bayi tanpa penghalang apapun, Ibu melepas bra, sementara bayi hanya menggunakan popok. Ibu harus memberikan ASI dari kedua payudaranya secara bergantian dan jangan dibatasi waktu. Biarkan bayi berhenti menyusu dengan sendirinya. Yang penting dilakukan oleh Ibu adalah jangan memberikan makanan apapun pada bayi kecuali ASI, dan juga hindari penggunaan dot dan botol. Karena jika terbiasa menggunakan dot/botol bayi akan malas untuk menyusu langsung ke Ibunya, karena aliran di dot lebih deras.

Cara Melancarkan ASI selanjutnya adalah, Ibu harus menjaga kecukupan tidur dan menghindari stres. Karena seringnya begadang pada malam hari untuk menyusui, Ibu harus pintar-pintar menggunakan waktu untuk istirahat yang cukup. Kemudian minta bantuan pasangan, saudara atau teman untuk mengurus keperluan sehari-hari. Jika Ibu beristirahat dengan cukup dan bebas stress maka kondisi Ibu akan sehat dan produksi ASI bisa lancar. Ibu juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, penuhi gizi, karena ibu menyusui membutuhkan tambahan nutrien untuk proses produksi. bila perlu minum suplemen penambah ASI yang terpercaya atau rekomendasi dari dokter.

Related posts: