Tips Kesehatan: Waspadai Penyakit Kista

admin   October 28, 2016   Comments Off on Tips Kesehatan: Waspadai Penyakit Kista

tips kesehatanSalah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh para wanita ialah kista. Penyakit ini memang akan menyerang rahim yang sangat penting karena inilah organ reproduksi wanita. Tentu saja, pengetahuan mengenai kista ini jelas sangatlah penting. Selain menambah pengetahuan, Anda para wanita untuk waspada penyakit tersebut. Lalu, apa itu kista? Inilah penjelasan singkat mengenai penyakit kista sebagai berikut.

Penyakit kista ialah sebuah penyakit yang mana akan ada massa yang berisi cairan yang kental maupun cair. Cairan diproduksi oleh kelenjar ovarium yang kemudian akan semakin besar dan tidak bisa dikeluarkan dengan sendirinya. Jika seseorang terkena kista, biasanya perut akan makin membesar karena adanya massa tersebut.

Penyebab dari kista ini sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, bagi Anda para wanita, pencegahan dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan dini ke dokter. Pemeriksaan ini jelas sangat penting dilakukan sebab nantinya Anda bisa tahu apakah ada kista pada rahim Anda atau tidak. Ketika ditemukannya kista, pengobatan pun akan segera dilakukan sebelum massa pada kista akan makin parah. Bukan hanya itu, menerapkan pola hidup sehat pun bisa mengurangi risiko terkena kista. Mengonsumsi makanan sehat dan juga olahraga termasuk dalam hal ini.

Beberapa jenis kista yang wajib Anda tahu ialah kista endometrium, kista hemorrhagic, kista dermoid dan kista cospus luteum. Kista endometrium merupakan kista yang ada pada area endomtrium. Sedangkan kista dermoid lebih banyak ditemukan pada wanita muda. Mengenai kista hemorrhagic, penderita bisa alami pendarahan pada kista fungsionalnya. Yang terakhir, kista corpus luteum termasuk dalam kista yang paling sering ditemukan pada wanita.

Jika seorang wanita terkena kista, tentunya kesehatan rahim akan terganggu. Bukan hanya akan sulit untuk hamil, tapi kehilangan rahim adalah hal yang terburuk. Hal ini terjadi ketika kista telah cukup parah sehingga pengangkatan rahim pun harus dilakukan. Dari semua penjelasan di atas, kita tahu jika kista akan berdampak buruk pada organ reproduksi mereka. Oleh karena itu, para wanita harus waspada dengan penyakit kista ini.

Related posts: