Tips Merawat Luka Bekas Operasi Agar Tidak Infeksi

admin   September 7, 2017   Comments Off on Tips Merawat Luka Bekas Operasi Agar Tidak Infeksi

tips kesehatanSetiap orang yang membayangkan operasi pasti akan merasa bergidik ketakutan karena yang terbayang adalah pisau bedah yang membuka kulit kita. Dan biasanya pasca operasi kita harus melakukan perawatan secara intensif agar supaya luka bekas operasi tidak infeksi yang kemudian menyebabkan luka tersebut menjadi sukar sembuh. Jika kita masih berada di ruang perawatan maka mungkin kita tidak akan merasa khawatir dengan bekas luka operasi yang kita miliki. Bekas luka operasi yang kita miliki harus bisa di jaga dengan baik agar supaya tetap kering dan tidak berisiko terbuka.

Beberapa Cara Merawat Bekas Luka Operasi Agar Cepat Sembuh Dan Tidak Infeksi

Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana seharusnya merawat bekas luka operasi dengan baik dan benar sehingga terkadang yang terjadi adalah bekas luka menjadi basah, terbuka dan infeksi. Padahal jika kita mau mencari tahu ada banyak sekali sumber yang berisi tentang beberapa macam cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat bekas luka operasi dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda praktekkan dengan mudah untuk merawat bekas luka operasi agar cepat sembuh dan tidak infeksi.

  • Pelajari caranya

Perhatikan dengan baik setiap perawat mengganti perban dan merawat bekas luka operasi Anda saat Anda masih berada di rumah sakit. Dengan begitu Anda sedikit tahu tentang bagaimana cara merawat bekas luka operasi yang baik dan benar.

  • Usahakan tetap bersih dan kering

Meski bekas luka operasi tertutup dengan kain perban, namun adakalanya bisa basah karena keringat dan air. Sebisa mungkin tetap menjaga daerah bekas luka operasi agar tetap steril dan kering. Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan tubuh Anda berkeringat banyak serta kotor.

  • Konsumsi herbal

Dan yang terakhir adalah Anda bisa mengonsumsi obat herbal khusus untuk membuat bekas luka operasi yang Anda miliki cepat sembuh dan kering. Infeksi bisa terjadi karena bekas luka operasi tidak selalu kering sehingga berisiko untuk terbuka jahitannya. Konsumsi herbal gamat akan membuat bekas luka operasi cepat kering karena mengandung protein yang bisa membuat regenerasi sel lebih cepat ketimbang herbal lainnya.

Related posts: