Tips Peternakan Memberikan Pakan Sapi Berkualitas

admin   September 13, 2017   Comments Off on Tips Peternakan Memberikan Pakan Sapi Berkualitas

cipanasfarmTips peternakan kali ini akan membahas tentang cara memberikan pakan sapi yang berkualitas agar supaya ternak sapi yang Anda lakukan bisa berhasil dengan baik dan menguntungkan. Pakan sapi yang paling umum adalah berupa rumput. Biasanya peternak memberikan rumput segar setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan pakan yang bisa mencukupi setiap harinya. Namun terkadang jika musim kemarau datang maka peternak akan kesulitan untuk mendapatkan rumput untuk menjadi pakan ternak mereka. Meski ada jenis pakan yang bisa di dapatkan secara instan di toko pakan hewan ternak namun tetap saja yang paling hemat dan terbaik adalah memberi pakan rumput.

Beberapa Tips Peternakan Untuk Memberi Pakan Ternak Berkualitas

Melakukan usaha peternakan khususnya untuk ternak sapi memang sangat membutuhkan cara untuk bisa merawat dan memelihara dengan baik. Nah salah satu cara untuk bisa merawat dan memelihara ternak sapi dengan baik adalah dengan cara memberikan pakan yang berkualitas agar supaya tumbuh kembangnya bisa lebih maksimal serta bisa memberikan hasil produksi yang terbaik. Maka dari itu kami mencoba untuk menyusun beberapa tips untuk memberikan pakan ternak dalam tips peternakan kali ini.

Berikut adalah beberapa macam tips terbaik untuk memberikan pakan yang berkualitas terbaik khususnya untuk hewan ternak Anda.

  • Konsentrat

Pakan terbaik untuk ternak adalah pakan hijauan, namun ternyata pakan hijauan tidak memberikan hasil terbaik untuk ternak Anda. Pakan hijauan tidak membuat ternak Anda bisa gemuk dan tumbuh dengan maksimal dan membutuhkan konsentrat di samping pemberian pakan hijauan. Konsentrat yang bisa di gunakan adalah jenis konsentrat yang terbuat dari ampas tahu, ampas bir, ampas tebu, bekatul, kulit nanas dan kulit biji kedelai serta buatan pabrik.

  • Jenis hijauan

Dan jenis hijauan yang bisa di gunakan untuk pakan ternak adalah mencakup daun jagung, daun tebu, rumput liar, alang-alang serta jerami padi. Dan sebelum di berikan pakan hijauan Anda harus memberikan terlebih dahulu konsentrat untuk bisa lebih mempermudah ternak untuk mencerna pakan hijauan yang umunnya memiliki serat kasar yang cukup tinggi sehingga sulit untuk di cerna.

  • Mineral dan gizi

Dan selain pemberian konsentrat Anda juga harus memberikan jenis pendamping pakan yaitu vitamin dan mineral yang mencukupi kebutuhan ternak Anda sehingga pertumbuhan dan perkembang biakannya berlangsung dengan cepat dan maksimal. Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan di cipanasfarm.com.

Related posts: