Tips Sukses Ujian Nasional

admin   December 10, 2016   Comments Off on Tips Sukses Ujian Nasional

universitas terbuka (ut)Ujian Nasional masih menjadi momok bagi beberapa siswa yang sedang mengenyam pendidikan dasar dan menengah. Tak jarang dari mereka yang mengambil jalan pintas dengan mencari atau membeli bocoran jawaban. Sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari jenis ujian apa pun selama kita sudah mempersiapkan semuanya baik-baik. Karena bagaimana pun kita tentu akan mendapatkan seperti apa yang telah kita usahakan. Bagi kamu yang sedang bersiap untuk mengikuti ujian baik untuk tingkat SD, SMP atau SMA, tips berikut ini bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri dalam menyelesaikan ujian yang sudah di depan mata.

Berikut Ini Tips Sukses Ujian Nasional

Hal pertama yang wajib dilakukan peserta ujian adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin dari jauh-jauh hari. Sebelum terlambat gunakanlah waktumu untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk ujian. Belajarlah dengan giat agar kita terbiasa dengan soal-soal yang ada dalam ujian. Kedua, pelajarilah soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Dalam hal ini jangan lewatkan soal-soal yang disebut-sebut sering muncul dalam Ujian Nasional. Tak jarang tersebar kisi-kisi soal baik yang dibuat sekolah maupun tempat bimbingan belajar. Mempelajari soal-soal tersebut bisa membantumu familiar dengan soal-soal yang kemungkinan akan keluar di ujian. Ketiga, bawalah alat tulis asli saat ujian agar semua jerih payahmu tidak sia-sia hanya karena masalah alat tulis saja.

Selanjutnya, saat mengerjakan soal usahakan untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan baru menyelesaikan soal yang tingkat kesulitannya lebih setelah selesai mengerjakan yang mudah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir waktu yang banyak terbuang untuk mengerjakan soal sulit. Kemudian, kamu juga perlu berhati-hati saat mengerjakan ujian di lembar jawab yang disediakan. Jangan sampai lembar jawab tersebut rusak atau bahkan basah dan robek. Dan yang tak kalah penting, jangan mengandalkan teman atau bahkan kunci jawaban yang tersebar saat masa-masa ujian karena belum tentu mereka benar. Terakhir, sebelum mengerjakan soal ujian, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu agar dipermudah dalam Ujian Nasional kali ini.

Related posts: