Tips untuk Mencegah Kanker Serviks atau Kanker Mulut Rahim

admin   September 27, 2016   Comments Off on Tips untuk Mencegah Kanker Serviks atau Kanker Mulut Rahim

tips kesehatanSaat ini, kanker serviks telah menjadi momok yang mengerikan bagi semua wanita. Bagaimana tidak, bukan hanya mereka yang telah menikah saja atau yang pernah berhubungan intim, para gadis pun memiliki resiko yang cukup tinggi untuk terkena kanker yang juga disebut dengan kanker mulut rahim. Dalam hal ini, Anda para wanita tentunya harus lebih waspada agar tidak terkena kanker yang satu ini.

Selain membaca banyak literatur untuk menambah pengetahuan Anda tentang kanker serviks, Anda pun sebaiknya melakukan berbagai macam pencegahan. Tentu saja, apabila Anda lakukan berbagai macam hal untuk mencegah kanker serviks. Lalu, apa saja pencegahan tersebut? Berikut ini ada ulasannya untuk Anda.

  1. Jalani pola hidup sehat

Pastinya, hal paling utama yang harus Anda lakukan ialah mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Seperti yang kita tahu bahwa pola hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi banyak junk food dan minum alkohol akan meningkatkan resiko Anda terkena kanker ini. Maka dari itu, mulai saat ini Anda sebaiknya banyak konsumsi makanan bergizi dan lakukan olahraga.

  1. Bersihkan organ intim dengan benar

Cara membersihkan organ intim pun haruslah benar. Dalam hal ini, Anda harus pastikan jika air yang digunakan bersih. Selain itu, Anda pun disarankan untuk tidak bersihkan organ intim dengan sabun. Alangkah baik apabila Anda gunakan rendaman daun sirih yang alami.

  1. Hindari hubungan intim pada usia muda

Berhubungan intim pada usia yang masih terlalu dini juga bisa meningkatkan resiko kanker mulut rahim ini. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari berhubungan intim pada usia yang terlalu dini tersebut.

  1. Hindari bergonta-ganti pasangan seks

Ada pula pencegahan selanjutnya yaitu Anda hindari bergonta-ganti pasangan seks. Artinya ialah Anda sebaiknya setia dengan pasangan Anda.

  1. Lakukan pemeriksaan dan vaksinasi

Kemudian, cara pencegahan lainnya adalah Anda melakukan pemeriksaan ke dokter apakah ada kanker pada organ intim Anda atau tidak. Sedangkan untuk Anda yang belum pernah berhubungan intim, Anda lakukan vaksinasi.

Related posts: