Ulasan Contoh Teks Anekdot Lucu

admin   January 17, 2017   Comments Off on Ulasan Contoh Teks Anekdot Lucu

contoh teks anekdotTeks anekdot lucu sebenarnya bertujuan untuk membuat pendengarnya terhibur, membuat tertawa,  dan biasanya menjelaskan gambaran karakter-karakter yang cukup singkat. Teks Anekdot juga biasanya mengandung arti atau makna tentang cerita singkat seputar kenangan-kenangan. Ciri-ciri teks anekdot lucu yaitu menyerupai dongeng, menceritakan hewan dan manusia secara realistis, bersifat menggelitik, lelucon dan menyindir, biasanya mengenai orang-orang penting. Berbagai cerita digunakan di dalamnya, sindiran ataupun leluon yang dibangun memang hanya bersifat menghibur tanpa ada tendensi ke arah manapun. Terkadang orang-orang tidak menyadari bahwa yang mereka baca sebenarnya sebuah contoh teks anekdot lucu. Walaupun hanya sebuah cerita lelucon, teks anekdot lucu memiliki kaidah dan struktur tertentu.

Kaidah Dan Struktur Contoh Teks Anekdot Lucu

Struktur teks anekdot lucu umumnya terdiri dari abstraksi yang merupakan bagian yang menunjukkan awal paragraf yang membahas tentang isi teks secara menyeluruh, orientasi yang merupakan bagian yang menunjukkan awal kejadian atau latar belakang peristiwa, krisis yang merupakan bagian yang menunjukkan konflik cerita, reaksi yang merupakan bagian yang menunjukkan tanggapan tokoh terhadap konflik, koda yang merupakan bagian yang menunjukkan kesimpulan. Selain itu contoh teks anekdot lucu pun harus memiliki kaidah, seperti menggunakan waktu yang lampau, menggunakan pernyataan yang retoris, menggunakan kata penghubung atau konjungsi, menggunakan kata kerja, menggunakan kalimat perintah, serta menggunakan kalimat seru.

Pada siang hari yang bolong, seorang tukang roti keliling menawarkan dagangannya, hal ini menarik minat Nono yang sedang kelaparan iseng memanggilnya mendekat. Berikut isi percakapan antara Nono dan tukang roti keliling (TRK)

Nono    : “Jual apa aja, Mas?”
TRK      : “Roti lah, Dek. Ngga lihat ya?”
Nono    : “Hehehe, iya, Mas. Jangan baper deh. Yang ini isinya apa, Mas?”
TRK      : “Kelapa, Dek.”
Nono    : “Oooo. Nah, kalo ini?”
TRK      : “Oh, kalau yang ini pisang, Dek.”
Nono    : “Ini deh ini. Rasa apa ini, Mas?”
TRK      : “Itu special, Dek, rasa durian, Bro.”
Nono    : “Lah, ngomong-ngomong katanya tadi jual roti kan ya? Kok isinya buah semua. Mas ini jualan buah ya? Wah saya nyarinya roti, Mas. Maaf, batal beli yah.”
TRK      : Pingsan

Percakapan di atas merupakan contoh teks anekdot lucu dimana cerita tersebut pun memiliki struktur yang baik.

Related posts: